Kompas TV regional jawa timur

Berbahan Dasar Alami, Mahasiswa Buat Sabun Pembersih Lantai dari Limbah Sereh

Kompas.tv - 18 Januari 2024, 20:30 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Jika biasanya terbuang sisa-sia, limbah sereh kini bisa digunakan untuk menjadi bahan dasar sabun pembersih lantai.

Adalah Kurnia Fajar Priatmadja, Retno Javanty Adi Mas Said, Nadira Alya Natyasa dan Seli Lidiawati, mahasiswa program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang.

Proses pembuatan pun cukup mudah. Setelah dipotong kecil-kecil, daun sereh kemudian disuling hingga menjadi minyak sereh. Proses penyulingan ini membutuhkan waktu selama 4-6 jam.

Kemudian minyak sereh dicampur sejumlah bahan lainnya mulai dari air pelarut, biosof hingga imulser. Seluruh bahan dicampur hingga berbuih, kemudian didiamkan semalaman sampai tidak ada lapisan.

Nggak ada alkohol sama sekali jadi aman. Karena bahan dasar alami, saat dipakai mengepel aroma yang dihasilkan aroma alami mampu merelaksasikan penggunanya. Selain itu yang menggunakan karbol ini aman untuk balita di rumah. Kemudian juga serangga-serangga sukar mendatangi lantai-lantai yang telah dipel menggunakan karbol sereh kami" Kata Kurnia. 

Dalam pembuatannya sebanyak 100 kilogram daun sereh bisa menghasilkan 80 botol dengan ukuran masing-masing 1 liter. Sabun pembersih lantai karya mahasiswa ini sendiri juga akan segera dipasarkan .

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x