Kompas TV regional jawa timur

KPU Kota Malang Dipadati Warga Ajukan Pindah Pilih

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 19:11 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Satu bulan jelang pemungutan suara, Kantor KPU Kota Malang dipadati warga yang mengajukan pindah pilih.

Tidak seperti biasanya, Kantor KPU Kota Malang yang berada di Jalan Bantaran Kota Malang ini lebih ramai dari biasanya. Warga yang datang ke Kantor KPU ini ingin mengajukan pindah pilih agar bisa menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu 14 Februari nanti.

Komisioner KPU Kota Malang Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Nur Zaini Wikan Utomo mengatakan, pengajuan pindah pilih didominasi mahasiswa. Selain itu juga ada beberapa pekerja yang menetap, tapi bukan berasal dari Kota Malang 

KPU Kota Malang sendiri mengimbau kepada warga yang berdomisili di wilayah Jawa Timur untuk menyalurkan hak pilihnya di wilayah masing-masing, namun KPU juga tidak menolak jika warga ingin mengajukan pindah pilih.

"Memang kami dari KPU sudah sering kali mensosialisasikan terkait pindah pilih ini, memang kami mengimbau, tapi tidak melarang, kita tugasnya melayani kita himbau untuk mahasiswa yang KTPnya Jawa Timur tolong gunakan hak pilihnya di asal," Kata Zaini 

Sementara itu, Saski, mahasiswi asal Kalimantan mengaku mengajukan pindah pilih agar tetap bisa berkontribusi dalam pesta demokrasi tahun ini.

"Ini kan juga buat milih pemimpin kita sendiri, kalo saya untuk hak pilih itu penting, kalo di agama saya itu dipertanggungjawabkan setidaknya saya ada andil sebagai masyarakat Indonesia," Kata Saski 

KPU Kota Malang menutup pengajuan pindah pilih pada 15 januari 2024. Untuk jumlah warga yang mengajukan pindah pilih menurut komisioner kpu kota malang berjumlah ribuan namun hasil akhir masih menunggu rekap.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x