Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Warga Nekat Menantang Bahaya Lewati Jembatan Nyaris Ambruk

Kompas.tv - 15 Januari 2024, 13:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Inilah kondisi jembatan bambu yang nyaris ambruk, penghubung antara Desa Ujung Gagak dengan Desa Panikel yang merupakan dua desa terpencil di Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kondisi jembatan nyaris ambruk, karena diterjang banjir, dan hantaman material sampah di sungai.

Jembatan ini merupakan akses utama warga di dua desa tersebut. Baik akses ekonomi, pendidikan, maupun kegiatan masyarakat lainnya. Sebelumnya, saat masih berdiri kokoh, jembatan itu juga dapat dilalui kendaraan roda dua.

Namun kini, setelah diterjang banjir, hanya dapat dilalui oleh orang saja, dan itupun sudah sangat membahayakan. Warga yang melintas harus menantang bahaya, karena sewaktu-waktu jembatan sepanjang 45 meter, dan lebar 1,5 meter ini dapat ambruk.

“Jadi ini akibat daripada hujan di hulu, sehingga membawa sampah yang semakin hari numpuk dibawah jembatan dan jembatan pun ambruk. Kami sebagai Babinsa ditelpon pada malam hari dan pada pagi hari kami ke sini untuk memantau warga dan pada saat anak-anak sekolah,” kata Serda Ronal Langlaku, Babinsa Desa Ujung Gagak

“Awalnya itu masih biasa saja, tapi dipagi harinya sudah sangat mengkhawatirkan dan sangat membahayakan terutama bagi anak-anak yang sering kali di pagi hari melakukan aktivitas sekolah, pengajian atau mungkin para petani dan para pedagang yang sering berlalu lalang. Jembatan itu adalah penghubung antara dua wilayah, Desa Ujung Gagak dan Desa Panikel,” ujar Ragil Tulus Wibowo, warga Ujung Gagak

Untuk melintasi jembatan ini, warga harus bergantian agar beban tidak terlalu berat di atas jembatan. Bahkan anak-anak sekolah juga harus mendapat bantuan atau dikawal oleh orang dewasa untuk melintasi jembatan bambu tersebut.

Sementara, jika tidak menggunakan jembatan tersebut, warga harus memutar jalan yang jaraknya hingga 14 kilometer untuk mencapai tujuan dari satu desa ke desa lainnya. Wargapun berharap, pemerintah memperhatikan masalah tersebut, dan membuatkan jembatan permanen penghubung antar wilayah itu.

#jembatanambruk #banjir #cilacap



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x