Kompas TV regional jawa tengah dan diy

KPU Kota Semarang: Kerusakan Surat Suara di Bawah 0,4 Persen

Kompas.tv - 12 Januari 2024, 14:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pada tahapan menuju Pemilu 2024, KPU Kota Semarang sudah melakukan proses pelipatan surat suara yang bertempat di gudang logistik KPU Kota Semarang, Kawasan Industri Candi, Ngaliyan, Kota Semarang.

Hingga hari Rabu (10/1/2024) proses pelipatan kertas suara sudah memasuki hari ketujuh. Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, menyebut, meski belum ada kendala, namun ada temuan kerusakan pada surat suara DPRD provinsi dengan angka di bawah ambang batas deviasi atau di bawah 0,4 persen. Nantinya, temuan surat suara yang rusak ini akan dilaporkan ke KPU RI dan penyedia agar dilakukan penggantian.

“Hari ketujuh ini tidak ada kendala, kalau kemudian apakah ada temuan, tentunya memang ada. Karena memproses sortir lipat ini itu salah satu tujuannya adalah untuk memastikan bahwa surat suara bisa digunakan dengan baik. Alhamdulillah angkanya masih dibawah 0,4 persen dari hasil evaluasi di surat suara DPRD provinsi,” jelas Henry.

Sebelumnya, KPU Kota Semarang sudah melakukan sortir lipat untuk surat suara DPRD provinsi lalu di hari lima dan enam sudah dilakukan sortir lipat untuk surat suara DPR RI. Kemudian selanjutnya adalah sortir lipat untuk surat suara presiden dan DPD. Setelah proses sortir lipat, kemudian akan proses pengesetan dan pengepakan surat suara ke dalam kotak suara.

Setidaknya ada 500 tenaga yang membantu melakukan pelipatan surat suara yang berjumlah lebih dari 6 juta surat suara. Pengerjaan pelipatan surat suara ini ditargetkan rampung selama 15 hari. Ketua KPU Kota Semarang berharap cuaca tidak menghalangi proses distribusi logistik Pemilu 2024, sehingga proses distribusi berlangsung berjalan dengan baik.

#kpukotasemarang #suratsuara #pemilu2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x