Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Labfor Polda Jateng Cek Kondisi SPBU UNDIP yang Terbakar

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 15:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Tim Labfor Polda Jateng bersama dengan Inafis Polrestabes Semarang, Kamis (11/01/24) olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran SPBU UNDIP Tembalang. Petugas melakukan pengecekan di mesin pompa serta panel listrik yang mengalami kerusakan akibat terjadinya ledakan.

Selain melakukan pemeriksaan pada kondisi tujuh mesin pompa serta panel listrik yang mengalami kerusakan akibat kebakaran, Polsek Tembalang juga melakukan pemeriksaan terhadap saksi termasuk petugas panel listrik yang pertama kali timbul percikan api dan menjalar ke mesin pompa.

“Pada siang ini kami melakukan pemeriksaan dan ada beberapa sampel yang kami bawa, antara lain adalah kabel, isolasi di jalur dispenser. Dan kabel isolasi pembanding yang ada di ruang panel seperti itu untuk prosesnya masih menunggu lebih lanjut. Untuk pelaporannya akan kami sampaikan ke pihak polsek atau polres. Untuk ledakannya kami secara detail tidak tahu, karena kami fokus pada pemeriksaan atau pencarian barang bukti,” ungkap AKBP Setiawan, Kasubdit Fiskom Labfor Polda Jateng.

“Untuk kerusakannya karena itu ledakan yang berurutan, jadi proses tekanannya berlaku. Jadi kerusakan-kerusakannya continue, dimulai dari dispenser satu menjalar ke dispenser lainnya. Dispenser keseluruhan ada tujuh, kerusakannya pun tujuh. Mesin pompa ada di panel listrik. Sampel saya bawa dua set, yaitu kabel isolasi untuk jalur dispenser dan kabel isolasi untuk ruang panel. Untuk pengecekan kami ada metode tertentu,” lanjutnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Tembalang yang ikut dalam olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) menjelaskan ada dugaan konsleting listrik pada panel listrik yang berada di bagian belakang gedung dan terhubung dengan listrik di tujuh mesin pompa.

“Kita nanti masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut dari Fiskom Labfor. Sementara masih kita proses penyelidikan. Sementara sudah kita periksa dua orang, termasuk operator panel listrik. Dari arah belakang, di genset,” jelas IPTU Muhlisin, Kanit Reskrim Polsek Tembalang.

Dari hasil olah TKP yang dilakukan oleh tim Labfor Polda Jateng bersama dengan Inafis Polrestabes Semarang, petugas membawa dua barang bukti kabel listrik bekas terbakar yang berada di panel listrik untuk dilakukan pemeriksaan.

#kebakaranspbu #semarang  #undip 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x