Kompas TV regional sulawesi

Nasi Tempong Khas Banyuwangi Hadir Di Makassar

Kompas.tv - 9 Januari 2024, 16:32 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Bagi anda penikmat kuliner nusantara, kini di Makassar, Sulawesi Selatan telah hadir nasi tempong. kuliner khas dari Banyuwangi ini menjadi salah satu kuliner favorit di kota Makassar yang dikenal sebagai kota makan enak.

Bagi pecinta kuliner khas nusantara, terutama yang suka dengan makanan pedas, wajib mencoba sago tempong alias nasi tempong. Nasi khas Banyuwangi ini, kini telah hadir, tepatnya di rumah makan di tempong jalan Sultan Hasanuddin, Makassar.

Nama tampong sendiri berasal dari bahasa osing yakni bahasa jawa yang di tuturkan oleh suku osing, tempong berarti tampar, dinamakan demikian karena memang ciri khas dari sego tempong ini adalah sambalnya yang pedas, seakan menampar mulut orang yang memakannya.

Awalnya sego tempong merupakan bekal yang dibawa oleh masyarakat Banyuwangi ke sawah, sego tempong biasanya disajikan dalam porsi besar, lengkap dengan lauk pauknya, karena sebagai menambah tenaga bagi para petani yang sedang berkerja di sawah. Cita rasa sego tempong ini terletak di sambal tempongnya,biasanya sambalnya baru dibuat dan masih terasa nikmat ketika disajikan.

Di rumah makan de tempong Makassar, seporsi nasi tempong  disajikan dengan beraneka lauk pauk seperti tahu,tempe, ikan asin dan dilengkapi dengan sayur bayam rebus, terong rebus dan mentimun. Cita rasanya yang pedas menjadi daya tarik bagi warga yang gemar dengan makanan pedas.

Pemilik rumah makan de tempong menuturkan memilih nasi tempong karena rasa yang mudah di terima warga di Makassar, apalagi nasi tempong sudah sangat terkenal dan belum ada yang menjual di kota Makassar.

Kehadiran rumah makan d’ tempong ini rupanya menarik minat warga pecinta kuliner pedas. Dalam sehari rumah makan ini bisa menyediakan hingga 100 ekor ayam. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam dan sangat terjangkau. Bagi anda penikmat kuliner pedas, wajib untuk mencoba nasi tempong ini.

 

#khasbanyuwangi

#nasitempong

#kulinernusantara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x