Kompas TV regional berita daerah

Mentan Panen Bawang Merah, Tegur Pengecer Nakal di Brebes

Kompas.tv - 8 Januari 2024, 18:18 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan panen bawang merah bersama petani di Desa Sisalam Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu petang. Mentan juga mendengar langsung keluhan para petani bawang merah.

 

Sejumlah petani mengeluhkan mahalnya HET pupuk urea bersubsidi di tingkat pengecer yang mencapai Rp. 150 hingga Rp. 200 ribu per sak atau isi lima puluh kilogram. Tak hanya pupuk urea, pupuk phonska dan NPK juga mahal melebihi HET.

 

Mentan pun geram masih ada distributor dan pengecer yang menjual hara pupuk bersubsidi jauh diatas HET. Ia pun berjanji akan menutup izin usaha baik pengecer dan distributor nakal. Andi bahkan memerintahkan Kapolres Brebes, AKBP Guntur M Toriq, untuk segera mengusut pelanggaran pidana tersebut.

 

Mentan mengatakan saat ini pemerintah telah menambah kuota pupuk bersubsidi menjadi Rp. 14 triliun rupiah. Khusus untuk para petani di Brebes, pembelian pupuk bersubsidi bisa menggunakan KTP jika tidak memiliki kartu tani. 

 

Sedianya panen bersama akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Brebes, namun batal karena keterbatasan waktu. Mentan juga berjanji akan menambah kuota pupuk bersubsidi bagi petani di Kabupaten Brebes.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x