Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Truk Pengangkut 226 Anjing Diamankan di Tol Kalikangkung

Kompas.tv - 8 Januari 2024, 16:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Angkut ratusan anjing dengan cara diikat di dalam bak truk, lima orang yang membawa ratusan anjing ditangkap Unit Reskrim Polrestabes Semarang saat berada di gerbang Tol Kalikangkung Semarang. 226 anjing yang dibawa dari arah Jakarta menuju ke Solo ini nantinya akan dijual di di Solo untuk dikonsumsi dagingnya.

Berbekal informasi dari komunitas Animals Hope Shelter Indonesia, Unit Reskrim Polrestabes Semarang, Minggu (07/01/24) dini hari menghentikan sebuah truk di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata truk bernomor polisi AD 1358 YE ini diketahui mengangkut 226 ekor anjing. Ratusan anjing tersebut kondisinya mulut dan kaki terikat tali serta dimasukan dalam karung dan digantung di dalam bak truk.

Lima kru yang mengendarai truk tersebut langsung diamankan dan diperiksa oleh petugas. Ratusan ekor anjing ini dibawa dari Subang, Jawa Barat menuju Kota Solo.

“Sementara ini kita amankan lima orang kemudian satu truk yang digunakan sebagai sarana untuk mengangkut dan para terduga tersangka ini. Kemudian akan kita jerat dengan pasal undang-undang 41 tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan. Di mana pasal 89 disebutkan dilarang membawa atau memindahkan hewan yang berpenyakit dari satu wilayah ke wilayah yang lain dengan ancaman hukuman 5 tahun. Pasal lain bisa diterapkan yaitu pasal 204 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun,” jelas Kombes Pol. Irwan Anwar, Kapolrestabes Semarang.

Pengiriman ratusan ekor anjing ini sebenarnya telah terendus sejak 23 Desember 2023 lalu. Anjing-anjing tersebut diduga akan dijual untuk dikonsumsi, dimana dagingnya akan dijual dengan harga Rp 40.000 per kilonya.

"Sudah menunggu di pinggir jalan tol. Jadi mereka dari truk, kenapa mereka ikat keempat kaki dan mulutnya dan dimasukkan ke dalam karung, supaya memudahkan mereka membanting, membuang dari truk yang tinggi ke atas pickup. Nah mereka beli per ekornya dari Rp 50.000 – Rp 250.000 tergantung anjing yang besar. Sampai di Solo Raya mereka jual ke pedagang-pedagang yang menjual menu daging anjing seharga Rp 38.000 per kilogram. Sekarang naik lagi Rp 40.000 per kilogram,” ungkap Christian Joshua Pale, Ketua Animals Hope Shelter Indonesia.

Polisi masih mendalami adanya sejumlah dokumen, diantaranya surat jalan dari polisi dan surat keterangan kesehatan hewan yang diduga dipalsukan oleh awak truk. Dugaan ini karena pada saat diturunkan dari truk, sebagian anjing diketahui dalam kondisi sakit.

#solo #anjing #semarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x