Kompas TV regional sumatra

Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu Libatkan Warga

Kompas.tv - 8 Januari 2024, 14:43 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - KIP Banda Aceh merekrut 150 orang warga Banda Aceh yang tidak terlibat maupun berafiliasi dengan partai politik untuk membantu melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024. 

Ada lima jenis surat suara yang disortir dan dilipat, mulai dari jenis pemilihan DPR RI, DPD RI, Presiden dan Wakil Presiden, hingga Calon Legislatif tingkat daerah. 

Masing-masing jenis pemilihan itu berjumlah 172.194 surat suara Pemilu. Jumlah surat suara ini bertambah 2,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap di Banda Aceh sebanyak 169.146 jiwa. 

Penambahan surat suara itu difungsikan untuk menggantikan surat suara yang rusak, maupun digunakan untuk warga yang pindah memilih. 

Selama proses penyortiran dan pelipatan surat suara akan diawasi oleh Panwaslih tingkat kecamatan agar tidak terjadi kecurangan.

Nantinya surat suara yang sudah dilipatkan akan didistribusikan ke 618 tps di Kota Banda Aceh saat mendekati hari pencoblosan Pemilu. 

Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pemilu mendatang.

KPU RI juga menyediakan biaya untuk warga yang membantu melipat suara. Adapun biaya pelipatan surat suara Presiden dan Wakil Presiden sebesar 350 rupiah perlembar, sedangkan jenis pemilihan legislatif lainnya diberikan biaya sebesar 450 rupiah perlembar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x