Kompas TV regional jabodetabek

Minggu Pagi, Kualitas Udara di Jakarta Kembali Memburuk

Kompas.tv - 7 Januari 2024, 08:49 WIB
minggu-pagi-kualitas-udara-di-jakarta-kembali-memburuk
Ilustrasi. Rekayasa lalu lintas di Bundaran HI, Jakarta, Senin 4 Juli 2022. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Minggu pagi (7/1/2024), pemantau kualitas udara global, IQAir merilis situasi kualitas udara di DKI Jakarta kembali mengkhawatirkan.

Pukul 05.00 WIB, Jakarta mencatatkan Indeks Kualitas Udara (AQI) sebesar 156, menempatkannya dalam kategori tidak sehat, terutama terkait dengan partikel halus PM2.5. 

Seiring waktu, peringkat kualitas udara Jakarta memperoleh penurunan, melibatkan pergeseran dari peringkat kedua puluh menjadi peringkat keempat belas di tingkat internasional.

Situs pemantau yang memberikan pembaruan waktu nyata menunjukkan bahwa Jakarta, pada Sabtu pagi sebelumnya berada di peringkat kedua puluh dunia dengan AQI 139 pukul 06.00 WIB.

Dengan perkembangan ini, terlihat peningkatan tingkat pencemaran udara di ibu kota Indonesia.

Baca Juga: Hujan Deras, Empat Kelurahan Wilayah Jakarta Selatan Direndam Banjir

Adapun pada hari Minggu, peringkat kualitas udara tertinggi di dunia ditempati oleh Dhaka, Bangladesh, dengan AQI mencapai 263.

Disusul oleh Hangzhou, China, dengan AQI 234, dan Delhi, India, dengan AQI 215.

Kemudian, Jakarta menduduki peringkat keempat belas dunia dengan peningkatan angka AQI menjadi 156.

Menanggapi situasi ini, Sistem Informasi Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menegaskan bahwa secara keseluruhan kualitas udara di Jakarta berada dalam kategori sedang, dengan indeks angka 87, termasuk polusi udara PM2.5.

Angka 87 ini dijelaskan sebagai tingkat kualitas udara yang tidak signifikan bagi kesehatan manusia dan hewan, namun berdampak pada tumbuhan yang sensitif, serta memiliki nilai estetika.

Pemantauan di berbagai wilayah ibu kota, seperti Bundaran HI (71), Kelapa Gading (81), Jagakarsa (75), Kebon Jeruk (78), dan Lubang Buaya (87), mencatatkan variasi tingkat pencemaran udara.

Baca Juga: Pantauan Banjir di Sejumlah Wilayah Jakarta dan Bekasi hingga Detik-Detik Rumah 4 Lantai Roboh



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x