Kompas TV regional berita daerah

Jokowi Resmikan Empat Terminal Bus Tipe A di Jawa

Kompas.tv - 6 Januari 2024, 16:51 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan empat terminal penumpang tipe A di Pulau Jawa. Keempat terminal tersebut yaitu Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo, Terminal Purboyo di Kota Madiun, dan Terminal Patria di Kota Blitar.

 

Presiden meyakini keempat terminal tersebut akan memberikan dukungan sarana dan prasarana transportasi, serta meningkatkan konektivitas antarkota, kabupaten, hingga provinsi. Selain itu, pembangunan terminal ini juga diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian di wilayah tersebut.

 

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa kalau dulu yang namanya terminal bus image-nya adalah preman, ini sudah harus hilang karena bus adalah tempat pelayanan juga memberikan dukungan kepada peningkatan ekonomi. UMKM harus semuanya terlibat di dalamnya. Presiden Jokowi mendorong agar pembangunan terminal tidak hanya dilakukan di daerah Jawa saja, tetapi juga di daerah lain di tanah air. Menurut presiden, hal tersebut dilakukan agar setiap terminal penumpang memiliki standar pelayanan dan fasilitas yang sama.

 

Jokowi meminta ke Menteri Perhubungan agar di kota-kota yang lain juga mulai dilihat agar terminalnya yang bagus tidak hanya di Purworejo, tidak hanya di Wonosobo saja, tidak hanya di Blitar, tidak hanya di Madiun saja, tetapi di semua kota di seluruh tanah air ini semuanya memiliki standar yang sama. Dalam kesempatan tersebut, kepala negara juga menjelaskan bahwa pembangunan sarana dan prasarana pendukung transportasi massal tidaklah mudah. Namun demikian, presiden memandang ke depan transportasi massal akan dapat membangun konektivitas antardaerah.

 

Jokowi menambahkan, meskipun banyak pro dan kontra misalnya pembangunan kereta cepat, tetapi antar kota di Jawa ini nanti pada suatu saat kotanya akan sambung menjadi aglomerasi yang mau tidak mau kalau transportasi massalnya tidak terbangun, (kita) akan stuck macet dan bisa terjadi kalau itu tidak kita bangun misalnya di Jakarta keluar dari rumah mau ke jalan sudah mentok macet.

 

Turut mendampingi presiden dan ibu Iriana Joko Widodo dalam kegiatan tersebut yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, PJ Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Wali Kota Madiun Maidi, dan Wali Kota Blitar Santoso.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x