Kompas TV regional sumatra

Bawaslu Lampung Temukan Ratusan Logistik Pemilu Rusak, Termasuk Surat Suara dan Bilik

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 11:57 WIB
bawaslu-lampung-temukan-ratusan-logistik-pemilu-rusak-termasuk-surat-suara-dan-bilik
Petugas menemukan surat suara pemilu 2024 yang rusak di bagian atas dan bawah saat proses pelipatan. (Sumber: Kompas TV/Roma Afria Idham)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.TV – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung menemukan ratusan logistik pemilu yang cacat atau rusak di 15 kabupaten dan kota.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P Panggar, Selasa (2/1/2024).

Menurutnya, berdasarkan pendataan Bawaslu Provinsi Lampung, terdapat beberapa logistik yang rusak ketika didistribusi dari pusat ke gudang yang digunakan KPU kabupaten/ kota.

Kerusakan terjadi pada kotak suara dan bilik suara, yang terbuat dari bahan duplek.

“Jadi dari pendataan Bawaslu di kabupaten/kota ditemukan ada beberapa yang penyok atau juga sobek," jelasnya, dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV Lampung, Roma Afria Idham.

Baca Juga: Lakukan Pengecekan, KPU Purwakarta Pastikan Logistik Pemilu 2024 Tersimpan Baik dan Aman

Adapun rincian logitik yang rusak di Pesawaran 1 kotak suara, Lampung Utara 140 bilik suara, Way Kanan 58 paku coblos rusak, Tulangbawang Barat 3 kotak suara, Lampung Timur 6 kotak suara, dan Mesuji 1 kotak suara.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, Bawaslu di 15 kabupaten kota di Lampung telah berkoordinasi dengan KPU masing-masing, agar logisitik yang rusak segera diganti dengan yang baru.

"Jadi ini timeline-nya masih ada waktu, dan kami minta agar segera diganti yang rusak, dan kami pastikan juga timelinenya, biar tepat waktu," jelasnya.

"Bawaslu Lampung terus melakukan pengawasan dan menekankan kepada Bawaslu kabupaten kota untuk selalu melaporkan apa pun yang terjadi di kabupaten kota yang berkaitan dengan logistik,"  bebernya.

Sementara, anggota KPU Kota Bandar Lampung, Fery Triatmojo menyebut, pihaknya menemukan tiga kotak suara Pemilu 2024 dalam kondisi rusak saat perakitan di gudang.

"Selama proses perakitan, terdapat tiga kotak suara dalam kondisi rusak," kata dia, Rabu (3/1/2024), dikutip Antara.

Ketiga kotak suara tersebut tidak memiliki jendela dari bahan plastik polyvinyl chloride (PVC) berwarna bening atau transparan, jendela pecah, dan satu kotak suara tidak memiliki klep pengait.

Baca Juga: Anggota Bawaslu Dampingi Petugas Logistik KPU Samarinda Merakit 12 RIbu Kotak Suara

"Untuk kotak suara yang sudah selesai dirakit kurang lebih sudah 25 persen dari 14.440 unit," tambah Fery.

Saat ini KPU Bandar Lampung masih terus melaksanakan tahap pelipatan surat suara dan perakitan kotak suara di gudang logistik milik Badan Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPPLH) Pemerintah Kota Bandar Lampung.

"Untuk surat suara yang ada di gudang logistik milik KPU, kami telah menyelesaikannya; sedangkan pelipatan surat suara di gudang logistik milik BPPLH untuk daerah pemilihan 1, 2, 3, 6 masih berlangsung," kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x