Kompas TV regional sumatra

Pertamina dan Pemerintah Aceh Tanam 10 Ribu Bibit Manggrove

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 14:42 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Kegiatan ini sekaligus dalam rangka peringatan 19 tahun Tsunami Aceh. Penanaman 10 ribu bibit manggrove ini juga bertujuan untuk rehabilitasi manggrove yang ada di pesisir pantai Aceh yang semakin berkurang saat ini.

Manggrove juga menjadi salah satu tumbuhan yang paling banyak menyerap karbon. Sehingga pertamina memilih manggrove untuk ditanam di sejumlah wilayah di Aceh, termasuk Lampulo.

Program Pertamanggrove ini digagas oleh pihak Pertamina, dimana setiap pembelian satu liter Pertamax series, pelanggan akan menyumbangkan 19 rupiah untuk pembelian bibit manggrove.

Aceh yang sebagian besar wilayahnya merupakan pantai, membuat sering terjadinya abrasi, sehingga perlu adanya peremajaan dan rehabilitasi manggrove di sejumlah wilayah.

Pemerintah Aceh, mengapresiasi program yang dilakukan oleh pertamina tersebut, dan berharap akan terus berjalan untuk tahun depan. Selain manggrove, nantinya akan ada sejumlah bibit pohon lainnya yang akan di tanam di sejumlah lokasi di Aceh.

 

Video Jurnalis : Syahril

Editor : Iwan Sudirja




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x