Kompas TV regional berita daerah

Manfaatkan Limbah Batu Bara Untuk Coran Lantai

Kompas.tv - 1 Januari 2024, 15:05 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Menggunakan bahan limbah batu bara dan bilahan pohon bambu, untuk bahan coran lantai, dimanfaatkan oleh salah satu hotel yang berada di lokasi wisata Palabuhanratu, Sukabumi. Limbah batu bara ini menjadi pengganti material pasir sebagai bahan adukan untuk coran, sedangkan bilahan bambu jadi pengganti batang besi atau wiremesh untuk memperkuat coran. Dan ternyata hasilnya dapat digunakan untuk membangun infrastruktur berkualitas, baik untuk jalan, jembatan, bangunan dan lain sebagainya.,

Menurutnya penggunaan bottom ash atau limbah batu bara ini bisa digunakan untuk membuat bangunan dan pengecoran. Penggunaa bottom ash tidak perlu memakai pasir dan split, namun hanya bottom ash ditambah semen saja. penggunaan dua bahan itu, menjadi alternatif bahan material murah dengan hasil berkualitas baik, selain itu untuk mengurangi dampak negatif limbah batu bara.

Pengguaan bambu dan limbah batu bara ini, tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x