Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ribuan Ikan Siap Panen Mati Mendadak di Waduk Rawa Jombor Klaten

Kompas.tv - 1 Januari 2024, 12:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Ribuan ikan di Waduk Rawa Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mati mendadak. Dalam video amatir memperlihatkan ikan sudah mati di setiap karamba milik petani ikan.

Ribuan ikan air tawar jenis nila mati mendadak kemudian diambil dan kembali untuk dipindahkan agar tidak semakin mencemari air Waduk Jombor yang mengakibatkan ikan mati lebih banyak lagi. Dwi Purwanto, Salah seorang petani ikan menjelaskan, ikan yang mati sudah mencapai dua kuintal lebih.

Tidak hanya ikan miliknya yang mati mendadak, sejumlah petani ikan juga mengalami hal yang serupa. Ribuan ikan mati yang siap dipanen diduga karena pengaruh cuaca ekstrem.

“Totalnya itu ada sekitar kalau ditotal dari semuanya jumlah dari teman-teman juga itu satu ton lebih. Itu karena pengaruh yang utama itu cuaca ekstrem, yang awalnya itu panas sekali tiba-tiba turun hujan, yang hujannya itu cuma gerimis aja tidak hujan lebat. Kalau misalnya turunnya hujan itu lebat sekalian malah aman seperti itu,” jelas Dwi.

Selanjutnya ribuan ikan yang mati akan dikubur secara massal.

#ribuanikanmati #wadukrawajombor #ikansiappanen #klaten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x