Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Heboh, Ratusan Anjing Diangkut Truk Dibawa ke Rumah Jagal

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 14:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Video viral ratusan anjing dalam kondisi mulut dan kaki diikat diangkut menggunakan truk melintas di dalam jalan tol. Dalam media sosial, instagram pengambil video menyebut bahwa video tersebut diambil di dalam Tol Cipali, Jawa Barat dan disebutkan akan dibawa ke rumah jagal di Jawa Tengah.

Salah satu anggota Yayasan Sahabat Satwa Kota Semarang, Maria Christiana, mengatakan timnya sudah melakukan penelusuran dan menemukan adanya kampung jagal anjing di wilayah Sragen. Pihaknya juga sudah membuat pengaduan ke Polres Sragen dan berharap segera ditindaklanjuti.

“Sementara satu minggu saja ratusan anjing, berarti kita butuh peran aktif dari masyarakat untuk mengviralkan. Bukan kita mau mengkompori pemerintah, tetapi kalau tidak viral tidak gerak. Jadi kita inginnya semakin banyak yang sadar dan menolak makan anjing otomatis produsen akan kena imbasnya,” ujar Maria.

Dirreskrimsus Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Dwi Subagyo, menyampaikan bahwa pihaknya bersama pelapor serta Polres Sragen sudah melakukan pengecekan di lokasi yang diduga tempat jagal anjing, namun hasilnya nihil atau tidak ada aktivitas seperti yang dilaporkan. Namun, tim gabungan Polda Jawa Tengah dan Polres Jajaran telah melakukan penyelidikan dan pengawasan terhadap wilayah yang diduga menjadi pusat jagal anjing di Jawa Tengah.

“Informasi yang diterima mengarah ke wilayah Semarang, anggota kami sudah bergerak namun tidak menemukan. Di Sragen pun juga sama. Ini masih diperdalam sebenarnya pengiriman itu ke wilayah mana, dan melihat peraturan perundang-undangan mana yang dilangar,” jelas Kombes Pol Dwi Subagyo.

Hingga saat ini tim khusus yang dibentuk Direktorat Kriminal Khusus Polda Jateng masih melakukan penelusuran terkait viralnya truk muatan ratusan anjing yang dikabarkan akan dikirim ke rumah jagal yang ada di Solo Raya. Sementara pihak Yayasan Sahabat Satwa berharap adanya tindakan tegas dari aparat kepolisian dalam mengungkap aktivitas ilegal tersebut.

#videoviral #jagalanjing #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x