Kompas TV regional jawa barat

Mulai Hari Ini Ada Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor, Berikut Rekayasa Lalu Lintas Lainnya

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 08:35 WIB
mulai-hari-ini-ada-ganjil-genap-di-jalur-puncak-bogor-berikut-rekayasa-lalu-lintas-lainnya
Foto arsip. Korlantas Polri akan memberlakukan ganjil genap di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, mulai hari ini, Jumat (29/12/2023). (Sumber: ANTARA/M Fikri Setiawan)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

BOGOR, KOMPAS.TV - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap akan diberlakukan pada 29-31 Desember 2023 bagi kendaraan yang menuju arah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan saat Aan memantau situasi lalu lintas sekaligus melakukan evaluasi di TMC Polres Bogor, Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, jelang libur tahun baru 2024, Kamis (28/12/2023).

Kakorlantas menuturkan, jalur puncak merupakan destinasi favorit wisatawan yang hendak menghabiskan waktu libur tahun baru, khususnya warga Jakarta.

“Melihat kemarin ada 50.000 lebih kendaraan yang masuk ke Puncak padahal kapasitas jalur Puncak hanya 40.000 dalam satu hari ada kapasitas yang berlebih sehingga kita melakukan upaya rekayasa lalu lintas,” kata Aan, dikutip dari laman Humas Polri.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini 29 Desember 2023, Waspadai Hujan Lebat pada Sore dan Malam Hari

Selain ganjil genap, Aan juga mengatakan pihaknya akan melakukan penutupan jalur arah Puncak pada 31 Desember 2023.

“Kemudian, kita akan melakukan pembatasan, pembatasan kendaraan yang akan melalui Puncak baik itu dari Gadog dari maupun arah Cianjur, pada jam 13.00 WIB tanggal 31 (Desember 2023) kita akan menutup jalur yang akan ke Puncak,” ungkap Irjen Aan.

“Baik dari arah Jakarta, atau Bandung, Cianjur akan kita tutup pada 18.00 WIB, kemudian akan kita clearance pada jam 21.00 WIB, kita akan berlakukan Car Free Night di sepanjang jalur puncak dan beberapa tempat wisata dan tempat yang nantinya akan dihabiskan untuk melepas tahun 2023 oleh masyarakat di daerah Puncak,” tambah dia.

Baca Juga: Bawaslu Periksa Pelanggaran Distribusi Surat Suara di Taiwan

Ia mengimbau masyarakat yang berencana menghabiskan malam tahun baru di area Puncak untuk segera ke atas sebelum pukul 15.00 WIB demi mengantisipasi kemacetan saat rekayasa lalu lintas diberlakukan.

“Kemudian bagi warga dan masyarakat yang lain yang tidak menginap di Puncak, silakan nanti kita (petugas) sudah mengatur jalur-jalur alternatif mengarah ke Puncak, jalur alternatif sudah cukup baik."

"Kita akan berikan petunjuk arah, kemudian akan dijaga oleh personel kita bagi masyarakat yang menginap di daerah Puncak, tapi pukul 21.00 WIB sudah clear tidak ada yang masuk area Puncak,” pungkasnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x