Kompas TV regional berita daerah

Evakuasi Macan Tutul Terperangkap Hama Babi Hutan

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 16:10 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Satwa liar jenis macan tutul jantan, secara tidak sengaja terjerat perangkap hama babi hutan di Kampung Cijenjing, Desa Mekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. Macan tersebut diduga tengah mencari mangsa, namun satwa liar yang dlindungi ini masuk kedalam perangkap yang dibuat warga untuk menjerat hama babi hutan yang sering merusak lahan pertanian warga.

Perangkap tersebut dibuat warga karena kesal hasil ladang mereka rusak dan hancur akibat babi hutan. Melihat kondisi ini, warga langsung menghubungi pihak Kepolisian Sektor Kalibunder dan langsung berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) jabar dan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga atau PPSC Nyalindung.

Tim gabungan terpaksa menembak bius untuk melumpuhkannya, macan pun langsung menerima penanganan medis akibat luka jeratan, untuk pemulihan macan tersebut dibawa ke tempat rehabilitasi di ppsc nyalindung sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya. Warga dihimbau untuk membuat alternatif perangkap hama lainnya, agar kejadian ini tidak kembali terulang.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x