Kompas TV regional sumatra

BMKG Imbau Warga Sumatera Utara Waspada Potensi Banjir akibat Hujan Lebat

Kompas.tv - 25 Desember 2023, 21:05 WIB
bmkg-imbau-warga-sumatera-utara-waspada-potensi-banjir-akibat-hujan-lebat
ilustrasi hujan lebat (Sumber: ANTARA/Wahyu Putro)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

MEDAN, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat terhadap potensi banjir akibat hujan lebat yang diprediksi akan melanda sebagian wilayah di Sumatera Utara dalam beberapa hari mendatang.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Endah Paramita, menekankan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Sumatera Utara.

"Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di lereng barat, lereng timur dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," katanya dikutip dari Antara, Senin (25/12)

Baca Juga: Penjelasan BMKG soal Cuaca Jadi Lebih Panas Akhir-akhir Ini, Ada Dampak El Nino

Secara umum, cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan menunjukkan potensi hujan ringan pada pagi hari di wilayah Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, dan sekitarnya. 

Sementara itu, siang dan sore hari diprediksi cerah dengan potensi hujan ringan hingga lebat. Wilayah seperti Simalungun, Pematang Siantar, Langkat, Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Padang Lawas, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, dan sekitarnya berpotensi mengalami hujan lebat.

Pada malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan akan melanda sebagian wilayah Sumatera Utara, sementara di dini hari, wilayah Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Padang Sidempuan, Padang Lawas, dan sekitarnya berpotensi mengalami hujan ringan.

Adapun suhu udara rata-rata di kisaran 16–31.0 Derajat Celcius, dengan kelembapan udara berkisar antara 60–95 persen. Angin diperkirakan akan berhembus dari timur laut hingga tenggara, dengan kecepatan berkisar antara 10 – 30 km/jam.

Baca Juga: Resmi dari BMKG, Berikut Daftar Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem pada Selasa 26 Desember 2023



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x