Kompas TV regional jabodetabek

Pemkot Jakpus Imbau Jemaat Parkir di Tempat yang Sudah Disediakan Saat Perayaan Natal

Kompas.tv - 24 Desember 2023, 18:25 WIB
pemkot-jakpus-imbau-jemaat-parkir-di-tempat-yang-sudah-disediakan-saat-perayaan-natal
Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023). (Sumber: ANTARA/Siti Nurhaliza)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat memberikan imbauan kepada jemaat gereja yang menggunakan kendaraan pribadi agar tidak melakukan parkir sembarangan, dengan tujuan untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma, menyampaikan imbauan ini dengan menekankan pentingnya menempatkan kendaraan di lokasi parkir yang sudah disediakan.

Dhany Sukma menekankan bahwa aktivitas ibadah dan kelancaran lalu lintas dapat berjalan seiring jika pemilik kendaraan mematuhi aturan parkir dan mengikuti petunjuk dari petugas keamanan.

"Kita mengimbau kendaraan tidak diparkir yang bukan pada tempatnya, sebisa mungkin kita mengurangi penempatan kendaraan di badan-badan jalan. Jadi kita imbau untuk parkir di tempat yang sudah disediakan," kata Dhany di Jakarta, Minggu.

Senada, polisi juga memberikan imbauan kepada jemaat gereja agar tidak membawa kendaraan pribadi saat merayakan Natal, mengingat terbatasnya lahan parkir di beberapa gereja di Jakarta Pusat. 

Baca Juga: TNI-Polri dan Pemkot Solo Kerahkan Ratusan Personel Gabungan untuk Jaga Keamanan Perayaan Natal!

Kapolsek Kemayoran Kompol Arnold Simanjuntak, menyarankan agar jemaat menggunakan angkutan umum atau layanan transportasi daring untuk mengurangi kemacetan.

"Kita minta kepada jemaat di 17 gereja yang mau ibadah Natal naik angkutan umum atau pakai transportasi daring saja. Hal ini bisa mengurangi kemacetan mengingat keterbatasan area parkir," kata Kapolsek Arnold dikutip dari Antara, Kamis.

Arnold juga menekankan pentingnya membawa barang sesuai kebutuhan, tanpa membawa barang secara berlebihan. Dia mencontohkan agar jemaat membawa Alkitab untuk kebaktian dan tas yang memang diperlukan.

Sementara itu, Polda Metro Jaya telah memastikan pengamanan untuk 1.807 gereja yang merayakan Natal 2023 di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya.


Sebanyak 4.041 personel gabungan dari Kepolisian, TNI, pemerintah daerah, dan unsur-unsur lainnya disiagakan dalam Operasi Lilin Jaya 2023.

Sebagai langkah persiapan, polisi bersama TNI telah melaksanakan rapat koordinasi untuk mengatasi potensi ancaman dan merencanakan tindakan di lapangan.

Baca Juga: Covid-19 Merebak, Umat Diimbau Pakai Masker saat Misa Malam Natal di Gereja Katedral



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x