Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional dan Gratis Mulai Besok, Simak Jadwal Operasionalnya

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 16:42 WIB
tol-jogja-solo-dibuka-fungsional-dan-gratis-mulai-besok-simak-jadwal-operasionalnya
PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) akan mengoperasikan Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo mulai dari Kartasura sampai Karanganom sepanjang 13 km. Pengoperasian fungsional tanpa tarif alias gratis ini bertujuan untuk mendukung pelayanan arus libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (Sumber: Jasamarga Jogja Solo)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) akan mengoperasikan Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo mulai dari Kartasura sampai Karanganom sepanjang 13 km.

Pengoperasian fungsional tanpa tarif alias gratis ini bertujuan untuk mendukung pelayanan arus libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Mengutip keterangan resmi PT JMJ, Kamis (21/12/2023), Tol Jogja-Solo dibuka fungsional mulai 22 Desember 2023 sampai 3 Januari 2024, tergantung diskresi kepolisian. 

Baca Juga: Jasa Marga Beri Diskon 10%, Ini Rincian Tarif Tol Jakarta - Semarang pada Periode Nataru

"Jam operasional Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo adalah dari jam 06.00 WIB s.d 17.00 WIB. Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat," bunyi informasi yang diunggah akun Instagram resmi JMJ.

"Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah sebesar 40 km/jam." 

Dengan adanya jalur fungsional ini, pengguna jalan dapat menghindari kepadatan yang kerap terjadi di Tugu Kartasura dan jalan raya Solo - Semarang sehingga mampu memangkas waktu tempuh lebih cepat.

Baca Juga: Dirujak Netizen karena Dinilai Abaikan Penumpang Kehilangan iPad, PO Rosalia Indah Minta Maaf

Jadwal Operasional Tol Jogja-Solo selama Nataru

22 Desember 2023 s.d 31 Desember 2023:

1. Beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Tol Trans Jawa) Kartasura menuju GT Banyudono (Tujuan Boyolali dan Kartasura) dan GT Karanganom (Tujuan Klaten & Yogjakarta)

2. Serta masuk menuju GT Colomadu dari arah jalan raya Solo-Semarang dialihkan melalui GT Banyudono pada jam fungsional pukul 06.00 - 17.00 WIB.

Baca Juga: Damri Buka Pool Baru di Cawang Jaktim, Layani Rute Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang

01 Januari 2024 s.d 03 Januari 2024

1. Beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (Tujuan Boyolali & Kartasura) dan GT Colomadu (Tujuan Tol Trans Jawa)

PT JMJ menyiagakan sarana dan prasarana seperti Pos Layanan Informasi Siaga dan beberapa petugas di antaranya PJR (Patroli Jalan Raya), MSC (Mobile Service Customer) disiapkan juga ambulans, BBM Mobile, toilet portable serta derek gratis hingga exit tol terdekat.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x