Kompas TV regional kalimantan

Presiden RI Ground Breaking Rumah Sakit UPT Kementerian Kesehatan Di IKN

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 15:20 WIB
presiden-ri-ground-breaking-rumah-sakit-upt-kementerian-kesehatan-di-ikn
Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan groundbreaking di IKN (Sumber: istimewa)

 

PPU, KOMPAS.TV - Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik mendampingi Presiden RI Joko Widodo melakukan Ground Breaking Rumah Sakit UPT Kementerian Kesehatan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu, 21 Desember 2023.

Presiden Jokowi mengungkapkan ground breaking RS UPT Kementerian menjadi RS ke empat yang dibangun di kawasan IKN, yaitu RS Hermina, RS Mayapada dan RS Abdi Waluyo. Selanjutnya masih ada  tiga RS swasta lagi yang juga akan digrounbreaking.

“Kalau sudah jadi, tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang untuk memeriksakan kesehatannya,” kata Jokowi.

Menurutnya, jika pasien yang berobat di RS di IKN akan nyaman menjalani perawatan, mengingat suasana di IKN yang hijau dengan udara yang masih segar.

“Pikirannya tenang dan senang, stroke dan sakit jantungnya menjauh,” imbuh Jokowi.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke IKN (Sumber: istimewa)

Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, nilai kontrak pembangunan RS UPT Kementerian kesehatan bertipe A  sebesar Rp 550 miliar lebih dengan kapasitas kamar sebanyak 550 kamar.

“Target penyelesaiannya Juli tahun depan pak presiden, sehingga nanti saat perayaan HUT RI di IKN, RS ini sudah siap,” ujar Budi.

Budi juga berharap, pada Kementerian PU untuk juga membangun dan menyiapkan sarana maupun prasarana untuk dokter dan dokter spesialis yang akan bertugas di RS UPT    Kementerian di IKN. Sehingga mereka tertarik untuk bertugas di ibu kota negara baru Republik Indonesia itu.

“Kami saat ini sedang mencari pak, karena dokter spesialis ini beda dengan ASN dan TNI yang jika diperintah langsung jalan,” tutup Budi.

Hadir dalam groundbreaking RS UPT Kementerian Kesehatan, Menteri ATR/BPN Hari Tjahjanto, Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Pj Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun.
(dk/ist/humpro)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x