Kompas TV regional jawa tengah dan diy

KPU dan Polrestabes Semarang Cek Logistik Surat Suara

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 15:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bersama dengan personil Polrestabes Semarang, KPU Kota Semarang melakukan pengecekan kondisi logistik surat suara DPRD Provinsi Jateng dapil 1 yang tiba di gudang logistik Kawasan Industri Gatot Subroto Semarang. Sebanyak satu juta lebih surat suara yang datang dari percetakan Bawen Kabupaten Semarang ini mendapat pengawalan dari aparat kepolisian Polrestabes Semarang.

Menurut ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, surat suara yang datang tahap pertama untuk pemilihan Kota Semarang ini sebelum dilakukan pelipatan, terlebih dahulu akan disortir dengan pengawasan langsung dari Bawaslu dan aparat Polrestabes Semarang.

Selama dalam pengawasan, Polrestabes Semarang akan menempatkan personil di gudang logistik sesuai dengan permintaan KPU Kota Semarang.

“Surat suara DPRD Provinsi Jateng satu untuk Pemilu 2024. Selanjutnya info itu dalam waktu minggu ini, nanti juga kita akan info lebih detail, katanya akan ada surat suara DPR RI Jateng 1 juga. Kurang lebih harusnya jumlahnya sama, karena jumlah PPT plus dua persennya sama. Kami nanti akan koordinasi juga sama Pak Wakapolres sama Pak Kapolri terkait pelibatan," jelas Henry.

"Kami juga berusaha untuk menghitung, kira-kira mengevakuasi berapa waktu yang dibutuhkan, jadi kan setelah kelipatan ada sortir dan lipat. Kemudian nanti akan ada pengesetan, diset dulu satu surat suara dibundel pakai karet, masukkin ke amplop. Setelah diset kemudian baru dipacking dikotak surat suara yang sudah kita rakit,” jelas Henry Casandra Gultom, Ketua KPU Kota Semarang," tambahnya.

“Kita bicarakan sama KPU, terkait prosedurnya KPU seperti apa, yang jelas kami akan mempersiapkan personil dan kami juga ada alat ekstrem untuk mungkin bisa melihat barang apa yang dibawa. Yang jelas barang-barang tajam jangan sampai ada yang mengkhawatirkan bisa merusak kotak suara,” ujar AKBP Wiwit Ari Wibisono, Wakapolrestabes Semarang

Dalam melakukan penyortiran serta pelipatan surat suara, KPU Kota Semarang akan membutuhkan 500 orang yang akan dilakukan di gudang penyimpanan logistik Kawasan Industri Candi Gatot Subroto Semarang.

#polrestabessemarang #pemilu2024 #kpusemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x