Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ganjar Ikut Kirab Nitilaku Budaya di UGM

Kompas.tv - 19 Desember 2023, 15:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Rangkaian peringatan dies natalies Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) yang ke-74 dimeriahkan Kirab Nitilaku Budaya. Kirab digelar pada Minggu (17/12/2023) pagi, dengan mengambil start dari pintu masuk selatan dan berakhir di gedung Balairung UGM.

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, ikut ambil bagian dalam Kirab Nitilaku Budaya ini. Ganjar berbaur dengan mahasiswa, dosen, karyawan dan perwakilan alumni UGM dari seluruh Indonesia.

Uniknya mayoritas para peserta Kirab Nitilaku budaya ini mengenakan busana tradisional, termasuk Ganjar Pranowo yang mengenakan pakaian adat Dayak. Ganjar menyebut busana yang dikenakan dibeli langsung di Kalimantan Timur saat mengunjungi lokasi IKN.

“Banyak koleksi baju adat se-Indonesia. Ini kemarin habis dari Kalimantan Timur, bawa rompinya, lupa bawa topinya. Kebetulan tadi , dari Dayak itu ada topi satu lagi, nah yang ini pinjam,” ujar Ganjar.

Rektor UGM, Ova Emilia menyebut, Kirab Nitilaku Budaya digelar agar civitas akademika selalu mengingat sejarah kampus yang lekat dengan warga dan Keraton Yogyakarta.

“Kegiatan satu tahun sekali, yang ikut ini semuanya unit kerja. Jadi dari fakultas, kemudian juga unit kerja seperti residen, terus rumah sakit, semuanya yang ada di lingkungan UGM. Nitilaku ini tujuannya kan memang mengingat hubungan antara kampus dengan sekitarnya, baik itu masyarakat juga keraton. Jadi artinya bahwa kita itu ada karena dukungan dari semuanya,” jelas Ova Emilia.

Kirab Nitilaku Budaya adalah agenda tahunan yang diselenggarakan jelang puncak peringatan dies natalies UGM Yogyakarta. Sejatinya Kirab Nitilaku Budaya ini boleh diikuti siapa saja yang menjadi bagian dari keluarga alumni UGM Yogyakarta. Namun, dari empat orang capres-cawapres yang merupakan alumnus UGM acara ini hanya dihadiri Ganjar Pranowo.

#kirabnitilaku #ganjar #ugm 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x