Kompas TV regional jawa timur

Peluang Cuan, Budidaya Kura Kura Omzet Jutaan Rupiah

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 19:50 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Seorang pemuda di Malang sukses budidaya kura kura dengan omzet jutaan rupiah perbulannya.

Memanfaatkan kolam bekas ikan, Rizky Bagus Firmansyah membudidayakan kura kura air jenis yellow belly.

Berawal dari hobinya memelihara kura-kura, Rizky mencoba untuk mengembangbiakkan binatang reptil ini. Awalnya, Rizky Bagus membudidayakan kura-kura Brazil. Namun sejak setahun terkahir, pemuda ini fokus pada kura-kura yellow belly 

Untuk perawatan kura-kura, menurut Rizky sebenarnya tidak terlalu sulit. Dengan pemberian makan dan nutrisi yang tepat, induk kura-kura akan berkembang dengan baik.

Selain itu, kebersihan kura-kura juga menjadi perhatian, karena itulah Rizky rutin menyikat kura kura agar terhindar dari jamur. kura kura yang masih kecil juga membutuhkan sinar matahari, untuk itulah kura kura juga perlu dijemur di bawah sinar matahari pagi.

Untuk penetasan, Rizky menggunakan inkubator. Dalam sebulan dari sepuluh indukan rizky bisa menetaskan 50 hingga 60 telur kura-kura. Untuk tingkat keberhasilan telur yang menetas menurut Rizky bisa mencapai 90%.

"Awalnya budidaya kura-kura Brazil, itu juga bertelur terus sekarang beralih ke yellow Belly bertelur juga," Kata Rizky

Kura-kura yang masih kecil, dihargai Rp 65-Rp 150 ribu tergantung dari kondisi kura- kura, dengan harga anakan tersebut Rizky bisa meraup untung jutaan rupiah dalam satu bulan.

Untuk saat ini menurut Rizky peluang serapan pasar untuk kura kura jenis yellow belly ini masih cukup terbuka.

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x