Kompas TV regional berita daerah

Miniatur Lokomotif Uap Sang Legenda Kini Kembali

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 17:45 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

GARUT, KOMPAS.TV - Seiring berjalannya waktu, karena kalah saing dengan moda transportasi lain lokomotif legendarasi Si Gombar kala itu dipensiunkan berbarengan dengan ditutupnya operasi Stasiun Garut dan rute Kereta Api Garut-Cibatu pada tahun 1980-an.

Kendati sudah tidak beroperasi, Namun kenangan akan Si Gombar ini melekat di benak warga Garut. Betapa tidak, Si Gombarlah yang paling setia menemani perjalanan masyarakat khususnya para pemuda di era tahun 70 sampai 80 an.

Si Gombar yang kini ada di Stasiun Garut bukanlah kereta api asli seperti yang dulu selalu dinaiki. Melainkan sebuah miniatur dengan memiliki panjang sekitar 6 meter dan lebar 80 sentimeter. Miniatur ini diketahui dibuat oleh Indonesian Railway Preservation Society Atau I-R-P-S. Indonesian Relwey Priserfesyen Sosaiti

Sebelum tiba di Garut, miniatur si gombar ini dibawa berkeliling oleh PT KAI hingga pernah menginjakan kaki di museum Lawang Sewu, Stasiun Surabaya, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Purwokerto, Stasiun Bandung Dan Terakhir Di Garut.

Miniatur lokomotif uap DD5208 memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia Atau Muri untuk Miniatur Lokomotif Terbesar Dengan Teknologi Cetak Tridimensi.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x