Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jokowi Tinjau Tanam Padi, Kejar Ketersediaan Beras Nasional

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 13:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo tiba di lahan pertanian di Desa Kaibahan, Kecamatan Kesesu, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023) pagi, dengan didampingi Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy.

Presiden langsung turun ke sawah dan menyapa para petani yang sedang menanam padi. Jokowi juga menyempatkan berdialog dengan petani di gubug tengah sawah guna mendengarkan dan menyerap keluh kesah para petani.

Kepada petani Jokowi menekankan perlunya petani untuk segera melakukan tanam padi karena selain sudah memasuki musim penghujan juga untuk mendukung ketersediaan beras nasional. Presiden juga menyinggung soal pupuk yang kini makin mudah didapat. Jika sebelumnya pembelian harus pakai kartu tani, kini di beberapa tempat tertentu para petani bisa membeli pupuk subsidi cukup menggunakan KTP.

“Mengejar agar tanam, tanam, tanam, karena yang kita harapkan nanti di bulan Maret atau April kita sudah mulai panen. Sudah dikoordinir di semua daerah, disaksikan sama Pak Menteri, yang tadi saya tanya ke petani urusan pupuk saat ini tidak ada masalah, tapi kalau nanti tidak tahu bulan Januari semua nanem pupuknya tadi Pak Menteri sudah menyanggupi dan dibereskan semuanya yang dulu pupuk subsidi harus pake kartu tani, sekarang pake KTP bisa di tempat-tempat tertentu,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan ini, para petani yang melakukan tanam di sawah mendapatkan bantuan sosial berupa paket sembako dan uang sebanyak Rp1,2 juta. Presiden kemudian melanjutkan sejumlah agenda di Pekalongan, diantaranya melakukan pertemuan dengan Habib Luthfi bin Yahya serta meninjau gudang beras Bulog Wiradesa Pekalongan.

#jokowi #pekalongan #petani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x