Kompas TV regional berita daerah

Panglima TNI Dianugerahi Dewan Kehormatan Oleh HPDKI

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 16:22 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

GARUT, KOMPAS.TV - Adu ketangkasan domba saat ini masih menjadi salah satu seni ketangkasan yang terus dilestarikan oleh para peternak domba garut dan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia Atau HPDKI. Untuk itu, Panglima TNI mengadakan adu ketangkasan domba yang digelar di Kawasan Kaki Gunung Guntur, Tarogongkaler, Garut.

Masing-masing pemilik domba, mengenakan baju adat pangsi serba hitam komplit dengan topi kulitnya, mereka masuk arena dan mempertemukan domba yang akan diadu. Saat kedua domba sudah siap, pemilik melepaskan domba aduannya, kemudian sang domba mengambil ancang-ancangmundur be­berapa meter lalu keduanya berlari untuk mengadu kekerasan tanduknya, dan domba yang masih kuat berdiri dinyatakan sebagai pe­menangnya.

Selain mendapatkan hadiah menarik seperti sapi, alat-alat elektronik dan hadiah lain yang diserahkan Langsung Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat, Pangdam III Siliwangi dan pejabat TNI lain. Domba yang menjadi juara pada seni ketangkasan tersebuti tentu akan menaikan pamor sang domba dan peternaknya dan nilai jual sangat tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor.

Dalam kesempatan inipun Panglima TNI, Jendral Agus Subiyanto dinobatkan sebagai Dewan Kehormatan HPDKI yang resmikan dihadapan ribuan warga dan pecinta domba adu Garut. Bupati Garut mengatakan momen ini sebagai bukti kemajuan para peternak domba garut dan akan terus dilestarilan sebagai upaya mendorong ekonomi masyarakat. 

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x