Kompas TV regional jawa timur

Warga Pelosok Desa Rasakan Manfaat Besar Mobil Siaga Pemkab Bojonegoro

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 14:28 WIB
warga-pelosok-desa-rasakan-manfaat-besar-mobil-siaga-pemkab-bojonegoro
Petugas Khusus sebagai Driver Mobil Siaga pun dengan Senang Hati Melayani Warga Masyarakat dalam 1 x 24 jam (Sumber: Humas Pemkab Bojonegoro )
Penulis : KompasTV Surabaya

BOJONEGORO, KOMPAS.TV - Keberadaan Mobil Siaga yang dibantukan melalui BKK Desa Tahun 2022 Oleh Pemkab Bojonegoro sangat bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya bagi desa yang jauh dari kota. Hal itu dirasakan sangat membantu dalam penanganan dan kebutuhan warga. Dari 384 desa penerima, salah satunya Desa Growok Kecamatan Dander, Bojonegoro, Jatim yang sudah merasakan manfaat besar mobil siaga. Hal itu disampaikan Kades Growok wijianto.

 

Menurut Kades Growok, Wijianto, sebelum ada mobil siaga, banyak warga masyarakat dalam kondisi darurat sangat kebingungan di saat membutuhkan kendaraan untuk ke tempat pengobatan. Namun, lanjutnya, setelah adanya mobil siaga ini sangat membantu dan bermanfaat sekali, khususnya bagi warga Desa Growok.

 

"Selain pelayanan 24 jam warga yang menggunakan mobil siaga tidak dibebani biaya apapun," jelasnya.

 

Wijianto mengungkapkan, dirinya tahu persis kalau di Rumah Sakit Umum untuk setiap harinya mobil siaga itu datang dan pergi kurang lebih kisaran lima puluh unit armada guna mengantar pasien yang berada di pelosok-pelosok desa untuk berobat di kota. "Saya sudah satu setengah tahun sakit dan harus menjalani cuci darah seminggu dua kali. Saat ke Rumah Sakit Umum, saya mengetahui langsung hal itu," tuturnya. 

 

Lebih lanjut Wijianto menandaskan, dari sisi pelayanan pemerintah desa (pemdes) tentunya mobil siaga ini sangat mendukung sekali. Karena, pelayanan desa bukan hanya melayani surat menyurat saja, namun untuk pelayanan kesehatan juga sangat diutamakan," katanya, Senin (11/12/23).

 

"Bantuan Mobil siaga yang sudah diberikan oleh Pemkab kepada desa-desa yang menerima sangat bermanfaat untuk masyarakat dan telah melayani 24 jam nonstop. Pelayanan ini sudah diakomodir oleh desa mulai dari driver, operasional dan lain sebagainya sudah dianggarkan yang bersumber dari APBDes. Masyarakat sama sekali tidak dipungut biaya," lanjut Wijianto menegaskan.

 

Masih menurut Wijianto, petugas khusus sebagai driver mobil siaga pun dengan senang hati melayani warga masyarakat dalam 1 x 24 jam, karena dia mendapatkan biaya operasional yang bersumber dari APBDes dan menjadi salah satu insentifnya.

 

"Terkait biaya perawatan mobil siaga pada setiap tahunnya juga sudah dianggarkan melalui APBDes," tambahnya.

 

Sementara itu, Munjono 55th warga Dusun Gempol Desa Growok sangat berterimakasih sekali kepada Pemkab Bojonegoro, dirinya merasa terselamatkan dalam keadaan gawat darurat (emergency) yang mana saat itu mengharuskan dirinya dibawa ke Rumah Sakit Umum Kota.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x