Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pengawas Patroli Siber, Cegah Berita Hoax dan Kampanye Hitam di Medsos

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 16:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ditemui disela-sela pembekalan pengawas Patroli Siber dengan tema Pencegahan Pelanggaran Kampanye dan Konten Internet, Koordinator Divisi Humas, Data dan Informasi Bawaslu Jateng, Sosiawan, menegaskan pembekalan ini sangat penting untuk mencegah adanya berita hoax selama proses pemilu dengan tujuan agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan kondusif, lancar, aman, jujur dan adil.

Menurut Sosiawan langkah konkret yang akan dilakukan Bawaslu Jateng dengan membentuk pengawas Patroli Siber. Selain Bawaslu kabupaten/kota se-Jateng, relawan, keterlibatan media massa juga diharapkan untuk andil dalam pencegahan berita hoax dan cegah konten internet pelanggaran pemilu.

“Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menganggap penting, kita melakukan upaya pencegahan dalam pelanggaran kampanye terutama terhadap kampanye-kampanye hitam, hoax dan ujaran kebencian. Lebih khusus lagi yang dilakukan lewat dunia maya atau sosial media," ujar Sosiawan.

"Ini yang betul-betul kami waspadai sehingga upaya-upaya yang kami lakukan untuk melakukan pencegahan itu, selain bentuk-bentuk sosialisasi dan pendidikan-pendidikan politik pada berbagai kalangan termasuk relawan-relawan siber. Nanti disetiap kabupaten/kota kita harapkan mereka juga punya patroli relawan siber,” tambahnya.

Sosiawan menambahkan pengawas Patroli Siber ini tidak hanya semata melakukan pengawasan pelanggaran, namun juga sosialisasi kepada masyarakat luas termasuk pengguna internet agar tidak melakukan pelanggaran pemilu yang bisa berbuntut masalah hukum.

#patrolisiber #bawaslu #pemilu2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x