Kompas TV regional berita daerah

Ditipu Pihak Travel Puluhan Calon Jemaah Umroh Gagal Berangkat

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 18:05 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

GARUT, KOMPAS.TV - Inilah video amatir yang direkam warga saat puluhan warga asal garut selatan dan tasikmalaya harus pulang ke kampung halamannya setelah nasib mereka tak jelas dan gagal diberangkatkan pihak perusahaan untuk melaksanakan ibadah umroh. Karena merasa ditipu, para korban pun akhirnya melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak Kepolisian. Para calon jemaah umroh ini seharusnya berangkat pada bulan Oktober 2023 namun diundur hingga 22 November 2023. 

Namun hingga waktu yang telah ditentukan mereka tak kunjung diberangkan. setelah melakukan pengejaran terhadap pelaku. Jajaran Sat Reskrim Polres Garut akhirnya berhasil meringkus satu orang pelaku berinisial d berusia 51 tahun sebagai pemilik perusahaan pemberangkatan haji dan umroh. Tak hanya itu petugas pun berhasil mengamankan sejumlah barang bukti mulai dari paspor, buku panduan ibadah umroh, kain ihram hingga puluhan koper.

Kapolres Garut AKBP Yonky Rohman Dilatha mengatakan, modus operandi yang dilakukan tersangka dengan cara menawarkan pemberangkatan ibadah umroh dengan mencari calon jemaah lain kemudian tersangka mengiming-imingi promo khusus untuk ustadz dengan membayar cukup 6 juta rupiah. Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 378 dan atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman mencpai lebih 4 tahun penjara.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x