Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Green Day, Siswa Diajarkan Cinta Lingkungan Sejak Dini

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 16:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kegiatan green day ini merupakan ajang bagi siswa KB-TK, SD, SMP dan SMA Kebondalem Kota Semarang agar siswa berkomitmen menjaga bersama dalam melestarikan bumi dengan kegiatan pengenalan dan aksi nyata menjaga bumi.

Kegiatan ini juga mengundang sekolah-sekolah lain seperti SD Marsudi Utami, SD Pangudi Utami dan SD Cahya Nur yang masih dalam naungan YPII Kantor Cabang Semarang. Ratusan siswa ini mendapat edukasi dari komunitas reptil,  kemudian pengenalan dan membangun empati dalam usaha pelestarian alam, pembuatan poster dengan tema upaya menjaga lingkungan dari bahan-bahan alam yang mereka temukan di lingkungan sekitar, serta problem solving dengan masalah yang ada di Kota Semarang yang berhubungan dengan lingkungan.

“Karena kebetulan bulan November ini juga didedikasikan untuk green day secara internasional, jadi anak-anak kami ajak untuk melakukan apa yang bisa kita lakukan dan apa yang tidak seharusnya kita lakukan. Dan pada akhirnya anak-anak akan membuat suatu deklarasi apa yang akan anak-anak lakukan pada bumi ini,” terang Cendrayani Tan SDP, Ketua Yayasan Penyelenggara Illahi Indonesia.

“Kita semua, anak, orang tua dan komunitas yang bergabung di Kebondalem makin mencintai alam, karena alam adalah rumah kita yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Maka caranya mulai dari anak-anak, tidak bisa orang tua. Jadi anak harus bisa dididik bagaimana merawat dan mencintai alam, memelihara dan menjaga yang ada disekitarnya. Kalau dididik dari sekolah tentu akan tertular di rumah. Harapannya bahwa mereka akan menjadi pelopor untuk melakukan suatu perubahan,” jelas Sr Krista SDP, Kepala SD Kebondalem 02 Kota  Semarang.

Para siswa terlihat aktif bertanya dalam kegiatan ini dan mempunyai rasa ingin tahu yang sangat mendalam mengenai bentuk-bentuk satwa dan tanaman.

“Kegiatan ini cukup bagus untuk memotivasi kita para pelajar, untuk peduli terhadap liungkungan sekitar kita,” ujar Clarisa Natania, siswa.

Dari kegiatan green day ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Selain itu, para siswa juga dilatih untuk bekerjasama dengan kakak kelas mereka dan  para siswa dari sekolah lainnya agar tercipta hubungan yang harmonis sebagai keluarga yang bersama-sama menjaga kelestrian bumi.

#greenday #kebondalem #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x