Kompas TV regional sulawesi

Rumah Belajar Setara Di Kampung Pemulung

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 15:25 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Sejumlah relawan membuka rumah belajar setara bagi anak-anak di kampung pemulung tempat pembuangan akhir atau PA antang di kota Makassar Sulawesi Selatan. sekolah non formal ini diikuti puluhan anak yang belajar di setiap akhir pekan.

beginilah suasana di rumah belajar setara yang di buka relawan bagi anak-anak di perkampungan pemulung di tempat pembuangan sampah Antang, kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dengan menempati gedung sekolah taman kanak kanak, anak-Anak ini antusias mengikuti pembelajaran yang dibawakan relawan dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari mahasiswa, pekerja swasta dan lainnya.

Meski digelar hanya setiap akhir pekan, anak-anak ini belajar membaca, menulis, dan mengerjakan tugas. Tidak hanya pendidikan umum, mereka juga diajarkan pendidikan agama seperti belajar mendirikan shalat. Sekitar tiga puluh anak yang mengikuti pembelajaran ini yang terdiri dari berbagai usia, mulai dari umur tiga tahun hingga sepuluh tahun.

Dalam menerima pembelajaran, anak anak ini pun dibagi kedalam beberapa kelompok terpisah. Seperti anak anak yang sudah bisa membaca dan anak anak yang belum bisa membaca. Pembelajaran juga disertai dengan permainan atau games.

Rumah belajar setara ini didirikan sejak 12 Oktober 2023, namun bagi relawan, hal tidak sebatas ingin menanamkan ilmu pengetahuan tapi juga akhlak dan karakter positif. Lantaran para relawan prihatin dengan pendidikan anak di kampung pemulung.

Sementara itu, anak anak di kampung pemulung TPA mengaku senang, dengan adanya relawan yang membimbing mereka belajar di setiap akhir pekan.

Dengan keberadaan rumah belajar setara yang dibangun oleh sejumlah relawan ini dapat memberikan ilmu pengetahuan dan akhlak serta karakter yang positif bagi anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan formal di sekolah umum.

#rumahbelajar

#belajarsetara

#kampungpemulung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x