Kompas TV regional sumatra

Tiga Pendaki Tewas akibat Erupsi Gunung Marapi Sumbar Berhasil Dievakuasi

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 21:05 WIB
tiga-pendaki-tewas-akibat-erupsi-gunung-marapi-sumbar-berhasil-dievakuasi
Gunung Marapi Sumatera Barat erupsi pada Minggu (3/12/2023). Tiga dari 11 pendaki yang tewas akibat erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil dievakuasi, Senin (4/12/2023).(Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga dari 11 pendaki yang tewas akibat erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil dievakuasi.

Kepala Basarnas Padang Abdul Malik mengatakan ketiga korban meninggal tersebut dievakuasi tim gabungan Senin (4/12/2023) sekitar pukul 17.30 WIB.

"Tiga korban sudah dievakuasi turun dengan jenis kelamin laki-laki, mereka ditemukan oleh tim gabungan di sekitar kawasan cadas Marapi," kata Abdul, dalam keterangannya Senin.

Kendati demkian, tiga korban tewas tersebut, kata dia, belum dapat diidentifikasi.

Menurut penjelasannya, hal tersebut harus menunggu proses identifikasi dari Tim DVI Kepolisian.

"Proses identifikasi dilakukan di rumah sakit oleh tim DVI, saat ini identitas mereka belum dapat dipastikan apakah kelompok pendaki atau bukan," ujarnya.

Abdul mengatakan setelah berhasil dievakuasi, ketiga korban meninggal dunia tersebut kemudian dibawa ke rumah sakit setempat guna penanganan lebih lanjut.

Tim gabungan, kata dia, saat ini masih melakukan pencarian dan pertolongan terhadap para pendaki Gunung Marapi yang berlokasi di Provinsi Sumatra Barat tersebut.

Baca Juga: Identitas 11 Pendaki yang Tewas Akibat Erupsi Gunung Marapi Sumbar Masih Diidentifikasi

Menurut keterangannya, hingga Senin pukul 19.30 WIB masih terdapat delapan korban meninggal dunia, dan dua korban selamat yang akan dievakuasi turun dari Marapi.

"Delapan korban meninggal dunia serta dua orang selamat sudah ditemukan lokasi dan keberadaannya di atas, selanjutnya tinggal menunggu dievakuasi ke bawah oleh tim gabungan," ujarnya, dikutip dari Antara.

Ia menyebutkan hujan abu yang masih terjadi serta tumpukan abu di areal menjadi kendala dalam melakukan pencarian korban.

Diketahui, Gunung Marapi di wilayah Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) meletus sekitar pukul 14.53 WIB, Minggu (3/12/2023).

Akibat erupsi gunung marapi hujan abu bercampur kerikil melanda daerah Ampek Angkek, Candung, dan Kabupaten Agam. Rumah warga di wilayah itu tertutup abu vulkanik.


Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat itu meluncurkan abu letusan mencapai 3 ribu meter disertai suara gemuruh.

Status Gunung Marapi saat ini masih dalam level waspada. 

Basarnas Padang menyebut ada 75 pendaki yang terjebak saat Gunung Marapi erupsi. Selain itu, juga tercatat 11 pendaki dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: Apakah Gunung Marapi Aman untuk Pendaki dan Berapa Radius Amannya? Ini Kata Pakar Vulkanologi!
 



Sumber : Kompas TV/Antara.


BERITA LAINNYA



Close Ads x