Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Expo Wirausaha, Dorong Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 14:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk memberi semangat kepada mahasiswa dalam berwirausaha, Politeknik Negeri Semarang menggelar expo wirausaha yang diikuti ratusan mahasiswa se-Jawa dan Sumatera. Berbagai produk lokal inovatif hasil karya mahasiswa di gelar dipameran wirausaha ini diantaranya bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) seperti kuliner, jasa, kerajinan hingga produk teknologi.

Direktur Politeknik Negeri Semarang, Totok Prasetya mengatakan, lulusan perguruan tinggi diharapkan tidak semata mencari pekerjaan, namun mampu dan mau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Lewat festival expo wirausaha ini mahasiswa bisa menunjukan kemampuannya untuk bisa menjadi pengusaha muda dan sukses.

“Lulusan perguruan tinggi itu tidak harus selalu mencari pekerjaan, kalau bisa menciptakan lapangan kerja, nah ini mereka diajari dalam sambutan juga sudah disampaikan bahwa ada tiga tahapan termasuk nanti kita akan undang investor, benar tidak apa yang dilakukan mahasiswa bisa menarik investor,” ungkap Totok.

“Ini adalah lilin aromaterapi dari minyak jelantah, lilin ini memiliki  tiga varian ada lemon, yang kedua ada lavender, yang ketiga ada varian mint, jadi kami tujuannya membuat ini untuk mengolah limbah minyak jelantah dengan baik,” jelas Intan Anugrah Sari, mahasiswa.

Festival expo wurausaha diikuti 32 perguruan tinggi se-Jawa dan Sumatera yang ikut meriahkan expo wirausaha.

“Teman-teman Politeknik di Semarang mengelola program seperti ini. Kalau di Politeknik Kupang kami bekerja sama dengan 8 perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa 665 mahasiswa yang bersama kami adalah 154,” tutur Frans Mangngi, Direktur Politeknik Negeri Kupang.

Dalam pameran produk mahasiswa ini, pihak panitia juga mengundang para investor, dengan tujuan jika investor tertarik akan memproduksi secara massal.

#polines #expowirausaha #semarang
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x