Kompas TV regional sulawesi

Limbah Botol Kaca Disulap Jadi Barang Bernilai

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 14:17 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GORONTALO, KOMPAS.TV - Prihatin akan bahaya limbah botol kaca, seorang warga kelurahan Donggala, kota Gorontalo, berinisiatif mengolah limbah botol kaca menjadi barang yang bernilai. Hasil olahan limbah botol ini akhirnya mendatangkan tambahan penghasilan.

Sampah botol kaca merupakan salah satu jenis sampah yang membutuhkan jutaan tahun untuk bisa terurai dengan tanah.  Sampah botol kaca juga diketahui sangat berbahaya bagi kelestarian lingkungan.

Dari keprihatinan ini David Darmdjo kemudian mencari cara agar limbah botol kaca tersebut bisa didaur ulang menjadi barang bernilai yang bisa dimanfaatkan kembali.

Meski mermodalkan peralatan seadanya, David kemudian mulai mendaur ulang limbah botol kaca  menjadi barang bermanfaat seperti  gelas, lampu  dinding dan tempat cemilan.  

Awalnya hasil daur ulang tersebut hanya dipergunakan untuk kebutuhan keluarga, namun setelah hasilnya dikenal, kini hasil daur ulang limbah botol bekas banjir orderan tak hanya dari warga Gorontalo namun ada juga warga dari luar daerah.

Saat ini ada beragam model dan kegunaan yang dihasilkan David dari daur ulang limbah botol bekas. Kini David bisa membuat  berbagai jenis hiasan interior rumah, anting hingga pernak pernik menarik lainnya.

Hasil kreatifitas mendaur ulang limbah botol bekas dijual dengan harga 20 ribu rupiah hingga 1 juta 500 ribu rupiah.

Kini David menjadi pengelolah industri rumahan dibawa binaan Bank Indonesia.

 

#limbah

#daurulang

#kreatifitas



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.