Kompas TV regional sumatra

11 Pendaki Tewas Usai Terjebak Erupsi Gunung Marapi Sumbar, 12 Lainnya Belum Ditemukan

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 10:09 WIB
11-pendaki-tewas-usai-terjebak-erupsi-gunung-marapi-sumbar-12-lainnya-belum-ditemukan
 Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) meletus sekitar pukul 14.53 WIB, Minggu (3/12/2023). (Sumber: Tangkapan Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Padang, Sumatera Barat,  mengonfirmasi sebanyak 11 pendaki tewas saat erupsi Gunung Marapi Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Basarnas Padang, Abdul Malik, mengatakan 11 orang pendaki Gunung Sumbar ditemukan meninggal dunia, Senin (4/12/2023).

"Hingga pukul 07.00 WIB tadi sudah ditemukan 11 pendaki dalam keadaan MD (Meninggal Dunia). Sedangkan 3 orang lainnya selamat," kata Abdul, Senin, dikutip dari Kompas.com.

Abdul Malik mengungkapkan bahwa saat ini identitas korban yang meninggal dunia belum diketahui.

Baca Juga: Penampakan Erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat

Korban tewas akibat erupsi Gunung Sumbar tersebut dalam proses evakuasi dari atas gunung.

Sebelumnya, Basarnas Padang menyebut ada 75 pendaki yang terjebak saat Gunung Marapi erupsi, Minggu (3/12/2023) sore.

Diketahui, Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) meletus sekitar pukul 14.53 WIB, Minggu (3/12/2023).

Sebanyak 49 pendaki berhasil dievakuasi dengan selamat pada Minggu malam. Saat ini, masih ada 12 orang lainnya yang belum ditemukan.


 

Akibat erupsi gunung marapi hujan abu bercampur kerikil melanda daerah Ampek Angkek, Candung, dan Kabupaten Agam. Rumah warga di wilayah itu tertutup abu vulkanik.

Baca Juga: Capres-Cawapres Kompak Serahkan Urusan Format Debat Pilpres 2024 ke KPU

Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat itu meluncurkan abu letusan mencapai 3 ribu meter disertai suara gemuruh.

Status Gunung Marapi saat ini masih dalam level waspada. Masyarakat diharapkan tidak mendekati wilayah yang rawan terdampak erupsi.

Jika keluar rumah masyarakat diminta menggunakan topi, kaca mata, jaket, serta masker karena ada hujan abu yang terbawa angin..



Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.