Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Longsor Tutupi Jalur Kereta APi Karanggandul-Karangsari, Perjalanan Dialihkan Memutar

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 08:02 WIB
longsor-tutupi-jalur-kereta-api-karanggandul-karangsari-perjalanan-dialihkan-memutar
Ilustrasi perbaikan jalur. Perjalanan kereta api yang melintau Karanggandul-Karangsari dialihkan memutar sebagai imbas longsornya jalur kereta api di wilayah tersebut. (Sumber: PT KAI)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

PURWOKERTO, KOMPAS.TV – Perjalanan kereta api yang melintasi Karanggandul-Karangsari dialihkan memutar sebagai imbas longsornya jalur kereta api di wilayah tersebut.

Mengutip keterangan tertulis PT KAI Daop 5 Purwokerto, jalur rel yang terdampak longsor akibat curah hujan tinggi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari pada Senin (4/12) dini hari.

“PT KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan karena adanya jalur rel yang terdampak longsor akibat curah hujan tinggi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari pada Senin (4/12) dini hari,” demikian tertulis dalam keterangan PT KAI.

Peristiwa longornya jalur rel tersebut terjadi pada pada Senin (4/12/2023) pkl 00.58 WIB, yakni jalur hilir terdampak tebing longsor karena curah hujan tinggi.

Baca Juga: Resmi PT KAI Tambah Jadwal Perjalanan Kereta Api untuk Liburan Nataru, Ini Daftarnya

Merespons hal tersebut, tim dari PT KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan dan jalur hulu dapat dilalui.

“Tim Gabungan KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan dan jalur hulu tetap dapat dilalui sehingga perjalanan KA dialihkan menjadi 1 jalur melalui hulu dan KA tetap berjalan,” tambah keterangan terebut.

“Kemudian, pukul 04.27 WIB, petugas lapangan KAI melaporkan bahwa kembali terjadi longsoran sehingga dua jalur yakni hilir dan hulu terdampak longsoran.”

Untuk sementara waktu, jalur tersebut belum dapat dilalui.

Demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak maka perjalanan kereta dialihkan memutar.

Sebelumnya, video adanya longsoran menimpa jalur kereta api (KA) petak Karangsari-Karanggandul, Banyumas, Jawa Tengah, viral di media sosial pada Jumat (1/12/2023).

Menanggapi hal itu, Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih membenarkan adanya longsoran di jalur KA daerah Banyumas tersebut.


 

Menurutnya, longsoran itu akibat dari curah hujan tinggi di sekitar lokasi.

“PT KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan karena adanya jalur rel yang terdampak longsor akibat curah hujan tinggi yang terjadi di sekitar area jalur KA KM 340+0/1 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari pada Jumat (1/12) pukul 14.56 WIB,” kata Feni melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga: Sebanyak 25 Persen dari Total 2 Juta Tiket Kereta Api Masa Natal dan Tahun Baru 2024 Telah Terjual

Pihaknya kemudian segera menangani longsor tersebut agar tidak menyebabkan gangguan operasional perjalanan KA.

Akibat kejadian itu, sejumlah perjalanan kereta api juga dialihkan melalui jalur hulu selama proses normalisasi.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.