Kompas TV regional sumatra

Imbas Banjir dan Longsor, Bupati Humbahas Sebut 14 Bangunan Rusak Berat, 140 Warga Mengungsi

Kompas.tv - 2 Desember 2023, 19:54 WIB
imbas-banjir-dan-longsor-bupati-humbahas-sebut-14-bangunan-rusak-berat-140-warga-mengungsi
Sejumlah rumah dan bangunan ibadah rusak setelah terdampak banjir bandang di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Sabtu (2/12). (Sumber: Dok. BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

HUMBAHAS, KOMPAS.TV - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor menyebutkan bahwa ada 14 bangunan yang rusak berat akibat banjir bandang dan longsor yang terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Humbahas, Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023).

Bangunan yang rusak terdiri dari 12 rumah warga, 1 sekolah, dan 1 hotel. Bangunan tersebut rusak usai tertimbun material lumpur dan batuan besar yang dibawa banjir dan longsor.

Sebanyak 11 korban juga masih dalam pencarian usai dinyatakan hilang, sedangkan 1 korban ditemukan tewas.

Baca Juga: 1 Korban Ditemukan Tewas, Tim SAR Cari 11 Korban Hilang Banjir Bandang dan Longsor di Humbahas

“Sebanyak bangunan mengalami kerusakan berat, sementara 11 korban masih belum ditemukan, dan satu orang sudah ditemukan meninggal dunia,” jelas Dosmar, Sabtu (2/12).

Tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian menggunakan alat berat, yakni dua unit ekskavator, satu unit loader, dan satu unit backhoe loader.

Tim SAR gabungan terdiri dari lebih 100 anggota polisi, 90 personel TNI, dan 4 anggota Basarnas dari Pos Parapat. Seluruh aparat Pemerintah Kabupaten Humbahas juga terlibat dengan memberikan bantuan lintas sektor di lapangan.

Sebanyak 140 korban yang selamat disediakan tempat penampungan sementara. Pihaknya juga menyediakan kebutuhan pokok untuk menunggu proses normalisasi dan rehabilitasi selesai.

"Mereka ditampung di dua posko, yakni Posko 1 di Kantor Camat Baktiraja yang menampung 80 orang dan Posko 2 di gedung serbaguna HKBP Simangulampe dengan 60 orang," ujar Dosmar, seperti dikutip dari Kompas.com.

Sebagai informasi, banjir dan tanah longsor melanda Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas pada Jumat (1/12) malam sekitar pukul 21.30 WIB.


Baca Juga: Banjir Bandang dan Longsor Terjang Pemukiman di Humbahas Sumut, 12 Orang Dilaporkan Hilang

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan bahwa hujan deras turun sebelum banjir dan longsor terjadi. Akibat banjir bandang, sejumlah rumah warga rusak parah dan 12 orang hilang.

"Menurut informasi dari saksi bahwa beberapa korban tertimbun dan dinyatakan hilang di sekitar permukiman yang terkena dampak. Pemerintah setempat bersama masyarakat telah melakukan pencarian namun belum menemukan warga yang hilang," ujar Budiono dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x