Kompas TV regional berita daerah

Tongseng Kepala Kambing, Kuliner Legendaris Pak Taman di Pati

Kompas.tv - 1 Desember 2023, 18:27 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kedai Sate Kambing Pak Taman yang berada di Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyajikan menu spesial berupa tongseng kepala kambing. Menu ini memiliki karakter lembut, empuk, dan gurih rasanya.

 

Dalam pembuatannya, bumbu yang digunakan cukup sederhana dan mudah memasaknya. Kepala kambing yang sudah dimasak hingga dagingnya empuk, kemudian dipotong kecil-kecil. Kemudian siapkan bumbu berupa bawang merah, cabe, tomat, merica, garam, dan kecap manis.

 

Bumbu tersebut selanjutnya ditumis di dalam wajan, disusul dengan daging kepala kambing yang sudah dipotong di campurkan dengan bumbu tersebut dan diaduk hingga merata. Setelah itu masukkan kecap manis, merica, dan garam. Agar lebih gurih rasanya, dicampurkan juga kuah spesial untuk tongseng kepala kambing ini. Dan setelah matang, tongseng pun sudah siap untuk dinikmati.

 

Menurut salah seorang penikmat tongseng kepala kambing ini, rasanya gurih, dagingnya pun empuk dan lembut, serta tidak ada bau. Sehingga enak dinikmati saat masih panas, bersama olahan pendamping lainnya, seperti sate dan gule.

 

Sementara itu, menurut pengelola Kedai Sate Kambing Pak Taman, saat ini merupakan generasi kedua sejak berdiri pada tahun sembilan belas lima puluhan. Dan hingga saat ini masih mempertahankan resep yang sama untuk menjaga keaslian olahan kambing yang sangat digemari masyarakat.

 

Untuk harga satu porsi tongseng kepala kambing terbilang cukup murah, mulai dari tiga puluh lima ribu rupiah hingga seratus enam puluh ribu untuk satu kepala kambing. Tidak hanya dari Kabupaten Pati saja, pembeli juga banyak yang datang dari Kudus, Blora, Rembang, bahkan hingga Semarang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x