Kompas TV regional sumatra

Deteksi Penyakit Resiko Kematian Petugas Sasar Warung Kopi

Kompas.tv - 2 Desember 2023, 10:00 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh mulai turun langsung ke warung kopi untuk menjaring masyrakat yang  memiliki potensi penyakit Diabetes Multus (DM) dan hipertensi, karena sejak beberapa tahun terkahir ini penyakit DM dan hipertensi sebagai penyebab angka kematian tertinggi Aceh.

Penjaringan penyakit Diabetes Melitus (DM) dan hipertensi ini dilakukan langsung ke warung-warung  kopi sebagai bentuk  upaya  tenaga kesehatan dari Puskesmas untuk pencegahan dan penanganan terhadap warga yang terdeteksi baik karena riwayat maupun akibat pola hidup yang tak sehat.

Warung kopi dijadikan sebagai salah satu lokasi sasaran penjaringan masyarakat dari penyakit  Diabetes Melitus (DM) dan hipertensi karena di Aceh masyarakat memiliki budaya nongkrong di warung kopi.

Bagi warga yang terdeteksi gejala Diabetes Melitus (dm) dan hipertensi, petugas langsung memberikan rekomendasi dan penanganan untuk pencegahan terhadap warga terhadap penyakit tertinggi penyebab kematian di Aceh.

Pengunjung warung kopi sangat antusias terhadap program Puskesmas Ulee Kareng yang melakukan pendeteksi penyakit Diabetes Melitus (DM) dan hipertensi dengan datang langsung ke warung kopi, sehingga program ini memudahkan warga untuk mendapatkan layanan kesehatan.

 

Video Jurnalis  : Raja Umar

Editor               : Iwan Sudirja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x