Kompas TV regional berita daerah

Buruh Jateng Tolak PP 51/2023, Tuntut UMP Naik 13 Persen

Kompas.tv - 29 November 2023, 21:22 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Dengan membawa spanduk penolakan PP 51 tahun 2023 yang menjadi acuan penetapan upah buruh, ratusan buruh Jawa Tengah yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Nasional Jawa Tengah memblokir Jalan Pahlawan Semarang menuju kantor PJ Gubernur Jawa Tengah pada Selasa siang. Pasalnya, kenaikan upah sekitar empat persen dinilai tidak memenuhi unsur kebutuhan hidup layak hasil survei dari buruh.

 

Meski tidak ditemui PJ Gubernur Jawa Tengah dalam tuntutannya itu, ratusan buruh yang menolak penetapan UMP sekitar empat persen bertahan dan meneriakkan yel-yel sebagai penyemangat dalam aksi tersebut. Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Nasional Jawa Tengah mengaku, penetapan upah minimum propinsi sekitar empat persen dinilai jauh dari hasil survei yang dilakukan oleh buruh. Pasalnya, dari hasil survei dengan memakai indikator kebutuhan hidup layak, PJ Gubernur didesak untuk menetapkan upah minimum kabupaten kota sekitar tiga belas persen.

 

Aksi yang dilakukan oleh buruh dari seluruh Jawa Tengah ini diharapkan dapat memberikan dorongan kepada PJ Gubernur Jawa Tengah untuk menetapkan upah minimum kabupaten kota sekitar tiga belas persen.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.