Kompas TV regional papua maluku

Prajurit Pandawa Kostrad Raih Juara Tembak AARM ke-31 di Negeri Gajah Putih Thailand

Kompas.tv - 27 November 2023, 15:24 WIB
prajurit-pandawa-kostrad-raih-juara-tembak-aarm-ke-31-di-negeri-gajah-putih-thailand
Kontingen TNI AD Lomba Tembak AARM ke-31 Thailand (Sumber: Satgas Yonif 411 /PDW)
Penulis : KompasTV Merauke

SALATIGA.KOMPAS.TV – Sersan Dua (Serda) Kristiyono salah satu Prajurit terbaik Batalyon Infanteri 411/Pandawa Brigif 6 Divif 2 Kostrad yang tergabung dalam Kontingen TNI AD Lomba Tembak AARM ke-31 Thailand, berhasil meraih 3 medali perunggu dan naik podium mengharumkan Indonesia khususnya TNI AD dalam ajang berkelas internasional, Sabtu (25/11/2023).

Serda Kris sapaan akrabnya bertanding pada kelas perorangan match 1, match 1 beregu, dan match 2 beregu, ketiga kelas yang di ikuti oleh dirinya, berhasil meraih 3 medali perunggu.

Dengan prestasi ini Serda Kristiyono berhasil menyumbangkan pundi-pundi medali dan membawa Kontingen TNI AD meraih juara umum di ajang AARM ke-31 tahun Thailand.

Serda Kristiyono yang merupakan Abituren Secata PK tahun 2007-2 itu bersama dengan 24 Kontingen TNI AD meraih prestasi membanggakan dengan perolehan trofi dan medali, 4 Trofi (3 Trofi individu & 1 Trofi Juara umum), 8 Emas, 8 Perak dan 11 Perunggu.

Lomba Tembak AARM merupakan ajang bergengsi bagi negara-negara peserta untuk menunjukkan profesionalitas Angkatan Daratnya, khususnya dalam hal kemampuan menembak senjata ringan. AARM juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan kerja sama antar Angkatan Darat negara-negara ASEAN.

Serda Kris sendiri sudah berdinas di Batalyon Infanteri 411/Pandawa Kostrad sejak tahun 2008 pada waktu dirinya masih berpangkat Prajurit Dua (Prada), pada saat ini dirinya menempati jabatan Danru Bakduk/Bant/Yonif 411/Pandawa.

Dirinya telah memulai debut karir sebagai petembak TNI AD sejak berpangkat Prada, hingga pada tahun 2018 dirinya untuk pertama kali turun gelanggang mengikuti lomba Tembak AARM 28 tahu 2018 di Malaysia dengan prestasi membanggakan meraih Medali Emas Tim dan Medali Perunggu perorangan.

Atas prestasinya tersebut pada tahun 2019 Kristiyono pada waktu itu pangkatnya Kopral Dua (Kopda), dirinya mendapatkan penghargaan sekolah tanpa tes pendidikan pembentukan bintara (Diktukba). Untuk kali keduanya pada Lomba Tembak AARM 30 tahun 2022 di Vietnam Serda Kristiyono kembali tergabung Kontingen TNI AD dengan meraih Medali Perak Tim.

Perhelatan AARM ke-31 tahun 2023 Thailand merupakan debut ke tiga Serda Kristiyono dalam ajang ASEAN Armies Rifle Meet (AARM).

Untuk diketahui, perjalanan Serda Kristiyono untuk bisa tergabung dalam Kontingen TNI AD

bukanlah pekerjaan mudah, dibutuhkan perjuangan dan kerja keras yang luar biasa.

Sebab, untuk tergabung bisa menjadi petembak TNI AD Serda Kristiyono sudah mengikuti latihan bertahun-tahun lamanya, hingga mematangkan kemampuannya untuk bisa bertanding di kancah internasional dan bergengsi.

Dalam ajang bergengsi ini Serda Kris tergabung dengan para petembak andal TNI AD diterjunkan di antaranya dari Satuan Kopassus, Kostrad, Kodam Jaya, Kodam II/SWJ, Kodam III/SLW, Kodam V/BRW dan Kodam XIV/HSN.

Keberhasilan meraih juara umum kali merupakan hari bersejarah bagi Kontingen Indonesia di Negeri Gajah Putih Thailand.

Letkol Inf Subandi  selaku Komandan Batalyon Infanteri 411/Pandawa Kostrad yang saat ini sedang melaksanakan tugas mulia di daerah rawan Keneyam Kabupaten Nduga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi terhadap prestasi yang baru saja di raih oleh Serda Kristiyono.

"Mendengar kabar gembira itu tentunya kami yang sedang disini merasa senang dan bangga atas prestasi yang di raih oleh Serda Kristiyono dalam menyumbangkan 3 medali perunggu sekaligus di ajang berkelas internasional AARM ke-31 Thailand," Letkol Inf Subandi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x