Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Siswa SD Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Barang Menarik

Kompas.tv - 27 November 2023, 15:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dengan percaya diri bak model, sejumlah siswa SD Negeri Sampangan 01 Kota Semarang ini memamerkan gaun dari limbah plastik hasil karyanya. Ada yang terbuat dari bungkus makanan ringan, tas kresek hingga tali rafia.

Tidak hanya gaun yang dipamerkan, para siswa juga membawa hasil karya dari sampah plastik lainnya yang dibuat barang berharga seperti vas bunga, toples dari botol mineral, mainan anak- anak dari sampah plastik, hiasan dinding dari sendok plastik bekas serta karya unik lainnya.

Selain fashion show, pihak sekolah juga menggelar karya projek penguatan profil pelajar pancasila atau P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan, dan menggelar pameran karya siswa yang semuanya terbuat dari sampah plastik.

“Kegiatan P5 ini bagi anak didik kita, ini sebagai respon terhadap program dari kurikulum sekolah merdeka. Alhamdillah, SD Sampangan 01 dipilih sebagai sekolah penggerak, maka itulah ide-ide, edukasi-edukasi kepada anak didik dengan menampilkan hasil-hasil karyanya dalam kegiatan ini,” jelas Hadi Santoso, Ketua Komite Sekolah.

“Ini membuat lampu hias, saya membuat lampu ini berkelompok, cara membuatnya biasanya di tata dulu stiknya, kalau sudah ditata lalu mencari sedok bekas, setelah itu bohlam yang ada di dalam diwarnai, terus dikasi botol habis itu sendoknya ditutup jadi bentuk bunga,” ujar Melodi, siswa.

Karya siswa yang memanfaatkan barang bekas terutama sampah plastik yang disulap menjadi barang bernilai ekonomis ini, diharapkan bisa mengurangi sampah dari rumah tangga. Dan karya menarik dari sampah plastik yang dibuat oleh para siswa ini bisa dicontoh oleh sekolah lainnya.

#sekolahmerdeka #sdnsampangan01 #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x