Kompas TV regional jawa timur

Keren! Herry Rasio Buat Hutan Tropis di Dalam Rumah

Kompas.tv - 25 November 2023, 20:28 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Seniman Aquascape asal Kota Batu yang sudah mendunia, Herry Rasio terus berkreasi. 

Kali ini Herry tengah menggeluti pembuatan taman landscape. Seperti yang dilakukannya di salah satu rumah di Kota Malang. 

Proses pembuatan taman ini memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya karena rumah sudah dalam kondisi jadi. Tak hanya itu, struktur tanah, pemetaan lokasi taman, irigasi, hingga titik untuk meletakkan pohon-pohon besar harus diperhatikan dengan seksama. 

Hutan tropis di dalam rumah ini dibuat dalam waktu satu tahun. Menurut Herry pembuatan taman ini membutuhkan waktu lama, karena penempatan tanaman juga harus menyesuaikan dengan karakter tanamannya. 

Ia mencontohkan penempatan tanaman dari daerah dingin ke tempat yang suhunya lebih panas, juga membutuhkan penyesuaian. 

"Kalau ini hampir jadi gini hampir setahun. Kesulitannya karena bangunan uda jadi, kita harus pakai crane. Orang orang kota mungkin sulit untuk natural, jarang waktu kemana, kalau  ini kan buka jendela langsung di pedesaan. Dampak baik mengurangi karbon, kedua lebih segar, lebih sejuk" Ujar Herry. 

Tidak hanya hutan tropis, Herry juga membuat vertical garden. Ia juga menyertakan uap kabut atau mist maker. Selain mengeluarkan asap, juga mengeluarkan aroma atsiri atau serai yang juga bisa mengusir nyamuk. 

Kehadiran taman landscape ini pun menarik minat warga perkotaan, salah satunya Timo. Baginya di tengah pemanasan global saat ini baiknya setiap orang melakukan penghijauan di rumahnya masing-masing. 

"Untuk isu dunia saat ini paling bagus menggalakkan penghijauan. Dimulai dari sekitar kita, sebisa kita, yang biasa pun bisa, asal mengikuti prinsip satu orang satu pohon" Katanya. 

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.