Kompas TV regional sulawesi

Pemeriksaan Kesehatan Secara Gratis Bagi Keluarga Besar TNI di Divif 3 Kostrad

Kompas.tv - 25 November 2023, 17:50 WIB
pemeriksaan-kesehatan-secara-gratis-bagi-keluarga-besar-tni-di-divif-3-kostrad
Divisi Infanteri 3 Kostrad Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis (Sumber: Divif 3 Kostrad)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR,KOMPAS.TV - Divisi Infanteri 3 (Divif 3) Kostrad berkolaborasi dengan Rumah Sakit Ibnu Sina dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi keluarga besar TNI di Divif 3 Kostrad yang diberi tema “Hari Sehat untuk Kuat”, bertempat di Markas Komando Divif 3 Kostrad, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Jumat (24/11/2023) 
 
Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan Keluarga Besar TNI di Divif 3 Kostrad dalam kondisi sehat. Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berupa pemeriksaan fungsi jantung dan paru, pemeriksaan Papsmear untuk Persit, penyuluhan & Screening Hiv/Aids, Vaksinasi HPV & Rotavirus untuk anak-anak sebagai upaya pencegahan diare serta kanker serviks.  

Adapun peserta pemeriksaan Kesehatan yaitu : 100 orang prajurit mengikuti pemeriksaan fungsi jantung dan paru, 50 orang ibu Persit mengikuti pemeriksaan Papsmear dan 50 anak-anak turut ikut serta vaksinasi HPV dan Rotavirus.
 
Dalam sambutanya, Pangdivif 3 Kostrad menyampaikan “Kesehatan tentunya dipengaruhi oleh gaya hidup atau lifestyle ditambah tingkat stress tinggi yang tentunya akan mempengaruhi kesehatan prajurit. Oleh karena itu, kesehatan prajurit harus diperhatikan termasuk Persit dan anak-anak. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi prajurit dan keluarganya serta memotivasi untuk hidup sehat demi kelancaran melaksanakan fungsi tugas menjaga NKRI” ujar Mayor Jenderal TNI Choirul Anam, SE, MM. 
 
Direktur Utama Rumah Sakit Ibnu Sina, dr. Edward Pandu Wiriansya, Sp.P(K), FISR mengatakan bahwa “pemeriksaan sifatnya screening bukan mencari potensi penyakit, dengan tujuan untuk early diagnose agar penyakit bisa ketahuan dan penanganannya cepat. Kegiatan ini merupakan bakti sosial dari Rumah Sakit Ibnu Sina. Jadi Rumah Sakit Ibnu Sina tidak hanya melayani pelayanan di Rumah Sakit tapi juga melakukan fungsi pengabdian di Masyarakat”, tambahnya.  
 
Panglima Divisi 3 Kostrad memberikan apresiasi atas komitmen Rumah Sakit Ibnu Sina dalam melakukan kegiatan ”Hari Sehat untuk Kuat” secara kontinuitas setiap 3 bulan ke satuan jajaran Divif 3 Kostrad yang berada di wilayah Makassar.



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x