Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Kepala BSSN Apresiasi Sumsel Pertama Kali Launching Serentak CSIRT

Kompas.tv - 25 November 2023, 11:12 WIB
kepala-bssn-apresiasi-sumsel-pertama-kali-launching-serentak-csirt
Launching CSIRT dan pengukuhan Dewan TIK Daerah 11 Kab/Kota di Prov. Sumsel 2023-2026 dan 7 Perguruan Tinggi di Palembang dan Lampung bertempat di Griya Agung, Jumat, (24/11/2023). (Sumber: Humas Pemprov Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Kepala BSSN RI, Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian mengapresiasi Pemprov Sumsel melalui Diskominfo Sumsel yang telah meLaunching CSIRT dan mengukuhkan Dewan TIK Daerah 11 Kab/Kota di Provinsi Sumsel 2023-2026 dan 7 Perguruan Tinggi di Palembang dan Lampung bertempat di Griya Agung, Jumat, (24/11/2023).

"Kegiatan ini pertama dan akan menjadi model dalam membangun CSIRT di kab/kota pada Provinsi lainnya.Tugas BSSN adalah membangun CSIRT tingkat Provinsi dan Pusat. Sedangkan yang membangun CSIRT Kab/kota menjadi tugas Gubernur Sumsel," ujarnya. Menurutnya kegiatan ini dapat meyakinkan Provinsi lainnya bahwa CSIRT kab/kota berjalan dengan baik.

Senada dengan Hinsa, Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan teknologi informasi adalah sistem strategis dalam mempermudah kita bekerja dan beraktivitas. Kemajuan teknologi juga berpotensi adanya serangan siber.

"Serangan ini harus diantisipasi dan ditanggulangi dengan melaunching CSIRT dan membentuk dewan TIK daerah. Kebersamaan, kerja keras, sinergi kolaborasi sangat penting. Kita dari pemerintah perlu bersama menjaga keamanan data milik pribadi, institusi dan pemerintah," katanya.

Fatoni berharap pengamanan siber didukung SDM yang memiliki penguasaan teknologi dan regulasi yang dipergunakan dengan cerdas tepat dan aman. Ia minta Dewan TIK bisa bekerjasama dengan semua stakeholder yang ada agar segala keuntungan dapat dioptimalkan.

Kadis Kominfo Sumsel, Rika Efianti, S.E., M.M., melaporkan kegiatan ini dalam rangka kesiapan penerapan penanggulangan insiden keamanan siber dan guna meningkatkan kesadaran bersama atas pentingnya keamanan siber di lingkungan Pemkab/Kota se-Sumsel

Adapun CSIRT Kab/Kota yang dilaunching antara lain, Prabumulih Kota CSIRT ; Ogan Ilir Kab -CSIRT ; OKU Kab - CSIRT; OKI Kab - CSIRT; OKU Timur Kab -CSIRT; OKU Selatan Kab -CSIRT; Muara Enim Kab-CISRT; Lahat Kab-CSIRT; Banyuasin Kab-CSIRT; MUBA Kab-CSIRT; dan MURA Kab-CSIRT. Sedangkan perguruan tinggi Palembang dan Lampung antara lain B CSIRT, CSIRT UMDP, ARMAJAYA CSIRT, UTI CSIRT, UMMETRO CSIRT serta AISYAH BEDA CSIRT



Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x