Kompas TV regional sumatra

Gadis Disabilitas Segudang Prestasi

Kompas.tv - 22 November 2023, 15:12 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Namanya adalah Syifa Urrachmah,  gadis tuna netra bawaan lahir ini sehari hari menghabiskan waktu untuk mengabdi di Sekolah Luar Biasa Negeri Banda Aceh untuk mengajarkan anak-anak disabilitas agar mereka mendapatkan hak pendidikan yang setara dengan anak-anak normal lainnya.

Tak hanya mengajar di sekolah SLB,   di rumah  Syifa juga menerima privat belajar tambahan  berbagai mata pelajaran khusus untuk anak-anak disabilitas,  serta aktif di organisasi disabilitas yang selalu aktif mengadvokasi masyarakat, lembaga pemerintah  dalam menyuarakan hak dan isu disabilitas.

Meski mengalami keterbatasan, Syifa memiliki semangat yang tinggi untuk belajar,  bahkan ia hanya Sekolah Dasar di sekolah luar biasa, selebihnya mulai dari SMP, SMA hingga kuliah ia di tempat umum bersaing dengan anak anak normal lainnya,  hingga ia mampu menyelesaikan kuliah dengan pridikat cumlaude di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Berbagai prestasi diraih Syifa sejak kecil, mulai dari juara cerdas cermat  tingkat Provinsi Aceh, juara 1 Tilawatil Qur'an Tilawah cabang tuna netra putri tingkat Nasional, juara vestival lomba seni tingkat nasional, dan masih banyak lagi.

 

Video Jurnalis  : Raja Umar

Editor               : Dodi Saputra



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x