Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Peduli Keselamatan Berlalu Lintas, PLN UP3 Palembang Upskilling Safety Driving and Riding

Kompas.tv - 22 November 2023, 14:19 WIB
peduli-keselamatan-berlalu-lintas-pln-up3-palembang-upskilling-safety-driving-and-riding
PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Palembang melaksanakan Upskilling Safety Driving dan Riding bagi seluruh Team Leader K3L dan driver di seluruh wilayah kerja PLN UP3 Palembang, pada Selasa (21/11). (Sumber: PLN UP3 Palembang)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Bertempat di Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport Centre Palembang, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Palembang melaksanakan Upskilling Safety Driving dan Riding bagi seluruh Team Leader K3L dan driver di seluruh wilayah kerja PLN UP3 Palembang, pada Selasa (21/11).

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian PLN dalam menjaga keselamatan dalam berlalu lintas bagi seluruh pekerja PLN yang memiliki mobilisasi tinggi dalam beraktifitas sehari-hari. Di mana mobilitas sehari-hari kita selalu berhubungan dengan Dirjen Perhubungan Darat, Pekan keselamatan jalan ( PKJ) dan  dirlantas. Integrated road safety manajemen sistem (IRMS) mencatat data kecelakaan di Indonesia tahun 2022 sejumlah 131.000 kecelakaan dan 26.000 korban meninggal dunia. Sehingga perlu dilaksanakan upskilling yang tujuan dapat meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam penanganan kecelakaan lalu lintas.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Palembang yang diwakili Marwan Yudi Samukti membuka acara Upskilling Savety Driving and Riding menyampaikan, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat  memberikan informasi dan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas, sekaligus meningkatkan keselamatan dalam berkendara bagi seluruh pekerja PLN,

Acara yang bekerja sama dengan Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel mendapatkan ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari 60 peserta yang hadir. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta seputar berkendara tentang keamanan dan trik apa yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan yang terjadi. 

IPTU Bahruddin AK. SH, Kepala Unit Satuan Petugas Jalan Raya memberikan apresiasi terhadap kepedulian PLN terhadap pencegahan dan penanganan kecelakaan lalu lintas pada kegiatan tersebut. Beliau menambahkan, upskiling ini dapat meningkatkan ketrampilan driver, di antaranya meningkatkan kemampuan dan ketrampilan pengemudi dalam mengolah kemudi baik dengan pegangan 10-2 maupun pegangan 9-3; pengemudi dapat mengendalikan kecepatan mobil sesuai dengan kebutuhan; pengemudi dapat mengendalikan setiap  karakter  mobil yang akan di gunakan baik mobil yang memiliki body panjang maupun body tinggi; pengemudi akan mengenal lebih dahulu tentang instrumen pendukung yang ada pada mobil yang akan di gunakan lebih lagi mobil itu baru bagi seorang pengemudi; pengemudi dapat menggunakan mobil yang bertransmisi matic maupun manual dengan teknik yang benar. Terakhir, meningkatkan kemampuan mengemudi di lapangan maupun di jalan raya yang beretika dan patuh hukum.


Didukung cuaca yang cerah, pada kegiatan upskillig tersebut juga dilaksanakan praktek mengemudi didampingi petugas kepolisian dengan cara dan manuver mengemudi yang berbeda beda. Di sesi akhir acara, Theo Andini, Pejabat K3L UP3 Palembang kembali berpesan agar selalu berhati-hati dalam berkendara serta selalu mematuhi peraturan dalam berlalu lintas sehingga selamat dalam bekerja karena tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia. (*)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x