Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Art Therapy, Ajak Lansia Ingat Hobi Masa Lalu

Kompas.tv - 22 November 2023, 13:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Panti Wreda Pelayanan Kristen (Pelkris) yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah, mengadakan art therapy bagi para penghuninya. Para lansia ini diberi terapi kesenian dengan media sejenis tanah liat. Mereka diminta untuk membuat benda yang memiliki kenangan bagi para lansia ini. Ada yang membuat cobek lengkap dengan cabainya, ikan gurami, bet pingpong, perahu nelayan, hingga potongan buah. Selanjutnya mereka diminta untuk mewarnai hasil karya mereka tersebut.

Menurut Psikolog Aprilia Subandriyo, dengan meminta para lansia ini membayangkan kesenangan masa lalunya yang dituangkan dalam bentuk benda, bertujuan untuk membangkitkan semangat dan kebahagiaan para lansia tersebut.

“Hari ini oma opa kita minta untuk mengingat masa lalunya, pilih satu hal atau benda yang mengingatkan tentang masa lalu mereka lalu buatlah dengan dust yang sudah kami siapkan. Tujuannya agar mereka mengingat masa lalunya dan bisa bercerita dengan membuat bend aitu agar bisa membangkitkan semangat,” jelas Aprilia.

Salah satu lansia bernama Halim memilih membuat bet pingpong dan perahu nelayan. Ia mengaku saat di sekolah dasar, dirinya sering bermain pingpong saat istirahat. Sementara perahu nelayan, mengingatkan semasa muda dimana ia kerap memancing di Pantai Demak dan Pantai Jepara.

“Aku sering ke pinggir laut, buat mancing, dulu iya (hobi memancing). Pingpong waktu SD dulu waktu istirahat main pingpong,” ucap Halim.

Dalam terapi kesenian ini kendalanya adalah tidak semua lansia sanggup menggerakkan tangannya. Bagi mereka yang memiliki kendala ini, maka akan digunakan metode terapi kesenian lainnya. Di panti wreda ini setidaknya ada 58 lansia dengan usia di atas 70 tahun.

#arttherapy #lansia #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x